Ladies, Buka Puasa Cobain Choc Molten Deh…

Choc Molten atau Molten Lava Cake. Hmm… meleleh….

Rasa cokelat yang manis ditambah dengan kejutan lelehan lava cokelat saat dipotong, membuat suasana berbuka puasa lebih manis.

Kaum hawa seringkali lupa diri jika sudah bertemu dengan cokelat. Sebab, cokelat mengandung hormon endorfin yang dapat membuat seseorang bahagia dan nyaman. Tak salah jika memilih resep ini untuk takjil berbuka atau camilan usai berbuka puasa.

“Jadi saat dibelah ada lelehan cokelat yang keluar mencair. Mirip seperti lava yang mencair. Pembuatannya bisa dilakukan di rumah jika mempunyai oven di dapur. Bahan-bahannya tidak sulit. Cukup cari di toko kue atau di pasar,” kata Chef Hotel Mercure Jakarta Simatupang, Chef Noldy Herling kepada JawaPos.com.

Bahan-bahan :

  • 5 butir telur
  • 5 butir kuning  telur
  • 350 gram gula
  • 150 gram tepung terigu
  • 75 gram cokelat bubuk
  • 500 gram cokelat compound
  • 200 gram mentega
  • Cetakan kue
Choc Molten ala Hotel Mercure Jakarta Simatupang (DERY RIDWANSAH/JAWA POS)

Cara membuat :
Siapkan cetakan berbentuk cup dari alumunium foil yang biasa digunakan untuk membuat cup cake. Oleskan mentega di wadah tersebut.

Tahap pertama, campurkan telur, kuning telur, dan gula dalam satu wadah. Aduk rata menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi.

Tahap kedua, campurkan tepung terigu dan coklat bubuk, kemudian diayak. Sisihkan.

Tahap ketiga, masukkan mentega dan cokelat bubuk ke dalam panci. Kemudian masukkan panci yang dibawahnya terdapat air mendidih.

Setelah itu, campur adonan tahap I (gula dan telur) dengan adonan tahap II (tepung serta cokelat bubuk) yang sudah diayak. Aduk menggunakan mixer dengan kecepatan rendah sampai rata. Dilanjutkan dengan memasukkan adonan tahap III (cokelat dan mentega yang sudah dilelehkan). Mixer sampai rata. Tuang ke dalam wadah cetakan hingga tiga per empat (3/4) cup.

Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 12 menit. Bila sudah matang, masukkan ke dalam lemari es sebentar, kemudian keluarkan dari dalam cetakan. (cr1/JPG)

Respon Anda?

komentar