Kamis, 25 April 2024

Berburu Perhiasan Emas Jelang Lebaran

Berita Terkait

Ilustrasi. Karyawati Toko emas Banda Baru Megamall Iva sedang menyusun kalung emas yang dipajang di etalase toko.F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Lebaran tinggal menghitung hari, selain baju baru, dan kue lebaran, perhiasanan merupakan salah satu benda yang tidak bisa dilepaskan dalam berlebaran. Seperti yang terlihat di salah satu toko emas di Tiban Center, Sekupang, Senin (19/6) terlihat ibu- ibu ramai menggerubuti toko emas untuk berburu perhiasan baru menyambut lebaran.

Nyari gelang buat berlebaran, biar ada sesuatu yang baru,” kata Ati.

Perempuan yang tinggal di Peruman Tiban Indah tersebut menuturkan untuk pilihan emas dia lebih memilih 23 karena kualitasnya lebih bagus.

“Kadar emasnya 98 persen, dan warnanya lebih mengkilap,” kata perempuan berkerudung ini.

Perhiasan menurutnya salah satu yang tidak bisa dilupakan dalam menyambut lebaran. Saat bertemu saudara, dan bertamu emas membuat penampilan jadi lebih menarik.

“Yah ini penunjang saja, biar berbeda penampilan dari hari bisanya,” ucap dia.

Tidak hanya itu, perempuan berjilbab ini mengungkapkan membeli emas sekaligus untuk menabung, karena nanti jika dibutuhkan bisa diuangkan kembali “Itung- itung nabung,” ujarnya.

Pedagang toko emas Herman mengatakan menjelang lebaran pembeli emas memang mengalami kenaikan meskipun tidak banyak. Untuk harga emas sendiri, pria asal Sumatera Barat mengatakan untuk harga emas 22 Rp 445 pergramnya, sedangkan untuk emas 23 Rp 500 ribu pergramnya.

“Permintaan paling banyak gelang dan cincin,” kata dia.

Herman menuturkan, meskipun banyak dicari, harga emas di pasaran masih stabil dan tidak mengalami kenaikkan atau turun. Sejauh ini pembeli masih banyak yang meminati emas 23, karena warnanya yang terang.

“Ini keunggulan dari emas 23 sehingga banyak peminatnya,” ujarnya.

Jika dibandingkan dengan emas putih, hingga saat ini emas kuning masih jauh lebih mendominasi dan dipilih menjadi perhisan dalam menyambut lebaran. ” Emas kuning masih paling diminai,” tutupnya. (cr17)

Update