batampos.co.id – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tanjungpinang, melakukan tes urine terhadap kru kapal yang berlayar melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) dan kru maskapai penerbangan di Bandara Raja Haji Fisabillah (RHF), Selasa (20/6) pagi. Hasilnya, belum ditemukan adanya yang positif mengkonsumsi narkoba.

 
Kepala BNN Kota Tanjungpinang, Abdul Hasyim, mengatakan tes urine yang dilakukan pihaknya tersebut mengantisipasi adanya kru kapal dan pesawat yang mengkonsumsi narkoba, demi terciptanya keselamatan baik pelayaran dan penerbangan.
 
“Jangan sampai mereka membawa penumpang mengkonsumsi narkoba. Tadi kami tes sebelum mereka berangkat,” ujar Hasyim.
 
Dikatakan Hasyim, dalam kegiatan tersebut. Pihaknya melakukan tes urine terhadap 70 orang kru kapal dan kru maskapai penerbangan.
 
“Tidak ada yang positif narkoba. Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar,” kata Hasyim.
 Tes yang dilakukan, sambung Hasyim, dilakukan pihaknya terhadap kapal yang baru sampai. Tim yang terdiri dari petugas BNN, Polres Tanjungpinang, KSOP, Pelindo dan Karantina Kesehatan.
 
“Pokok begitu kapal sandar, krunya langsung didatangi petugas dan di tes urinenya,” sebut Hasyim.
 
Tak hanya di tes urine, kru kapal juga dilakukan pengecekan tensi, gula darah dan kolestrol. Kepala Seksi Karantina Kesehatan, Yoyok Dwi, mengatakan pengecekan tersebut untuk mengetahui kesehatan para kru. Agar arus mudik berjalan lancar.
 
“Semua dalam keadaan sehat. Mereka pun layak untuk membawa penumpang melalui angkutan laut,” kata yoyok.

Sementara saat ditanya, apakah pihaknya menstanbykan petugas medis di Pelabuhan SBP. Yoyok menyebutkan, pihaknya menurunkan dokter dan ambulan yang senantiasa siaga apabila ada penumpang yang sakit.

“Semua kami siapkan, kami stand by disini (SBP). Pelayanan juga gratis,” ucapnya.(ias)

Respon Anda?

komentar