Selasa, 19 Maret 2024

Mv. Lintas Kepri Layari Tanjungpinang-Lingga

Berita Terkait

batampos.co.id – Komisaris Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT. Pelabuhan Kepri, Huzrin Hood mengatakan kapal cepat Mv. Lintas Kepri mulai melayani pelayaran Tanjungpinang-Lingga, terhitung Kamis (22/6) atau besok. Menurut Huzrin untuk sementara ini mengisi slot yang di tinggalkan Mv. Arena.
“Ekspektasi masyarakat Lingga tinggi, supaya Mv. Lintas Kepri berlayar kesana. Makanya kita coba untuk mengakomodirnya,” ujar Huzrin Hood menjawab pertanyaan media di Kantor Gubernur Kepri, Tanjungpinang, Selasa (20/6).
Dijelaskannya, rute sekarang ini adalah untuk membantu arus mudik lebaran 1438 H. Masih kata Huzrin, Tanjungpinang-Lingga masuk jalur pelayaran cukup potensial. Meskipun demikian, apakah ada penambahan rute akan dievaluasi setelah lebaran nanti. Pihaknya juga sudah melaporkan rencana ini ke Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.
“Kita sudah membuat laporan ke Gubernur. Alhamdulillah sudah direspon dengan baik,” jelas Huzrin.
Ditanya mengenai tarif pelayaran, tokoh sentral perjuangan pembentukan Provinsi Kepri tersebut menegaskan. Bahwa tarif yang digunakan adalah mengacu pada Surat Keputusan (SK) Gubernur, tentang tarif angkutan laut dalam Provinsi. Dikatanya juga, pihaknya tengah mengkaji untuk menurunkan harga tarif.
“Tarif yang berlaku tetap mengacu pada SK Gubernur. Meskipun demikian untuk kepentingan bisnis, dan pelayanan sedang dikaji untuk diturunkan sedikit,” jelasnya lagi.
Ditambahkan Huzrin, dalam operasional ini tidak subsidi yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kepri. Meskipun demikian, pihaknya lewat BUP PT. Pelabuhan Kepri tetap berupaya untuk memberikan kontribusi bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
“Semoga dengan dibukanya pelayaran Mv. lintas Kepri ini, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam konektiviti,” tutup Huzrin.
Terpisah, Anggota Komisi III DPRD Kepri, Irwansyah mengatakan keberadaan Mv. lintas Kepri harus memberikan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, karena merupakan aset daerah, tentu diwajibkan memberikan kontribusi bagi pemasukan daerah. Menurut Irwansyah, pihaknya terua mendorong kapal cepat tersebut cepat di fungsikan.
“Sekarang inikan sudah lebih kurang 1,5 tahun rampung dikerjakan. Tetapi belum difungsikan. Setidaknya melayani arus mudik tahun ini adalah bagian dari uji coba pelayaran,” ujar Irwansyah.
Seperti diketahui, Mv. lintas Kepri selesai dibangun pada Desember 2015 lalu. Kapal berbahan aluminium tersebut menelan APBD Kepri sekitar Rp25,5 miliar. Dirancang secara elegan oleh Palindo Marine, Batam dan memiliki kecepatan maksimal 38 knot perjam. Adapun daya tampung kapal dengan kelas VIP itu adalah sekitar 159 penumpang.(jpg)

Update