Sabtu, 20 April 2024

Perketat Pengamanan dengan Perbanyak CCTv

Berita Terkait

batampos.co.id – General Manager (GM) Pelindo I Tanjungpinang, I Wayan Wirawan mengatakan untuk memperketat pengawasan dan keamanan. Pihaknya sudah menyebar belasan Circuit Close Television (CCTv) disepanjang area Pelabuhan Sri Pura (SBP) Tanjungpinang. Kebijakan tersebut juga untuk mengoptimalkan pelayanan dalam menghadapi arus mudik kebaran 1438 H.
“Karena kondisi infraatruktur kita dalam perbaikan. Tentu pengamanan dan pengawasan harus ditingkatkan,” ujar I Wayan Wirawan disela-sela buka puasa bersama di Area Terminal Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Senin (19/6)malam lalu.
Menurut I wayan, adapun jumlah CCTv yang disebar adalah sebanyak 16 buah. Bahkan saat ini, sudah sembilan unit yang difungsikan. Sedangkan yang lainnya masih dalam proses pengerjaan. Dikatakannya alat pengintai tersebut terpasang di depan pintu masuk pelabuhan sampai di sudut-sudut tersembunyi.
“Apalagi akses internasional dan domestik melalui lokasi yang sama. Tentu pengamanan dan pengawasan harus ekstra,” tegas Wayan.
Lebih lanjut katanya, untuk pengamanan di areal pelabuhan pihaknya juga sudah menggandeng personel marinir dari TNI Angkatan Laut. Selain itu, pihaknya juga tidak membenarkan adanya kendraan yang parkir inap di kawasan Pelabuhan. Diakuinya, untuk pelayanan arus mudik tahun ini sedikit terganggu. Karena adanya perombakan terminal di Pelabuhan SBP ini.
Menurut pria yang akrab disapa Wayan tersebut, untuk menyiasati lonjakan pemudik menjelang lebaran, pihaknya sudah menyulap ruang tunggu sementara. Adapun daya tampungnya adalah sekitar 700 orang. Masih kata Wayan, meskipun demikian pelayanan kepada masyarakat tetap menjadi prioritas utama.
“Kita terus mengebut pekerjaan pembangunan terminal. Karena targetnya adalah November mendatang,” papar Wayan.
Ditambahkannya, untuk mendekatkan sulaturahmi dengan masyarakat, Pelindo juga melakukan aksi sosial, yakni mudik gratis untuk kesejumlah tujuan. Disebutkannya di Pelabuhan SBP Tanjungpinang ini, mendapat bagian sebanyak 150 tiket gratis untuk tujuan ke Kuala Maras, dan Tembelan.
“Adapun rencana keberangkatannya adalah Kamis (22/6) pagi dengan menggunakan KM. Sabuk Nusantara 30,” tutup I Wayan Wirawan. (jpg)

Update