Kamis, 25 April 2024

Rute Batam-Mengakapan Selalu Penuh Pemudik

Berita Terkait

ilustrasi foto: bumn.go.id

batampos.co.id – Rute langsung Batam ke Mengkapan,Buton yang dibuka oleh  Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Batam, sangat digemari masyarakat. Hal ini terbukti selama dua minggu rute ini berjalan, kapal roro selalu penuh sesak dengan kendaraan dan penumpang.

“Cukup tinggi antusias masyarakat Batam terhadap rute tersebut,” kata Manager Usaha ASDP Indonesia Fery Cabang Batam, Adolf DC Enoch saat ditemui Batam Pos, Selasa (20/6).

Ia mengatakan kebanyakan masyarakat mengambil rute ini, karena tiketnya lebih murah dibandingkan tiket pesawat. Selain itu, para penumpang bisa membawa kendaraan mereka untuk pulang mudik. “Full terus, dari Selasa lalu kami buka tambahan jadwal pelayaran,” ujarnya.

Walau pelayaran Batam ke Mengkapan ditempuh selama 18 jam, hal ini tak menyurutkan masyarakat. Adolf mengatakan ada yang menanyakan apakah tiketnya bisa dibooking.

“Tapi sayangnya dengan sistem saat ini belum bisa. Jadi masyarakat datang saja langsung, beli tiket dan antri,” ujarnya.

Adolf mengatakan jadwal rute Batam ke Mengkapan ini setiap Selasa, Kamis dan Minggu. “Ini hanya selama arus mudik saja,” ujarnya.

Salah seorang pemudik tujuan ke Mengkapan ditemui Batam Pos di Pelabuhan ASDP Telagapunggur, mengatakan cukup senanang dengan adanya rute ini. Karena sangat membantu bagi masyarakat yang ekonomi menengah ke bawah untuk bisa pulang ke kampung halamannya.

“Saya hanya bayar Rp 81 ribu saja, nanti dari Mengkapan sana nyambung ke Pekanbaru bayar travel hanya Rp 150 ribuan. Kalau pulang dengan pesawat, tiketnya sampai Rp 900 ribu,” kata Ridho.

Ia berharap rute ini juga diberlakukan saat arus balik. Sehingga ia bisa kembali menikmati pelayanan dari ASDP. “Maunya begitu, kalau tak bisa. Terpaksa naik pesawat,” tuturnya. (ska)

Update