Selasa, 19 Maret 2024

BP Batam Perluas Dermaga Utara

Berita Terkait

foto: cecep mulyana / batampos

batampos.co.id – Pelabuhan Batuampar dipandang sebagai titik strategis jika ingin melakukan modernisasi di Batam. Makanya sebagai langkah awal, BP Batam akan melakukan pembangunan dermaga utara sebagai lokasi penempatan kontainer.

“Dermaga utara akan ada perpanjangan 650 meter. Namun crane-nya tak ada dan diperlukan reklamasi lagi. Makanya bisa makan waktu lama dan ratusan miliar habis,” terang Kepala BP Batam, Hatanto Reksodipoetro, Selasa (20/8).

Reklamasi akan memakan waktu dan biaya banyak sehingga BP Batam memikirkan cara lain. Opsi terbaik saat ini adalah membangun lokasi kontainer dermaga utara diatas lahan sekitar pelabuhan yang akan habis masa sewanya beberapa tahun lagi.

“Kebetulan wilayah tersebut ada tanah-tanah yang sudah hampir habis waktunya. Sehingga kami akan bersihkan, sehingga kita tak perlu reklamasi lagi,” ujarnya.

Setelah itu, BP Batam akan melakukan proses lelang untuk mencari pihak yang akan membangun dan mengelola dermaga utara.

“Sudah ada yang berminat dari Korea, Jepang dan lainnya. Model pengelolaannya nanti adalah business to business (B to B),” terangnya lagi.

Target yang BP Batam berikan adalah pengelolanya dapat membangun dermaga yang dapat menampung kontainer hingga 3 juta TEUS.

“Memang masih jauh dari Singapura. Karena mereka sudah pakai robot untuk pelabuhannya. Mereka takut disaingi,” pungkasnya.(leo)

Update