Selasa, 19 Maret 2024

Hari ini Kapal Lintas Kepri Layani Masyarakat Lingga 

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga Yusrizal memastikan hari ini, Kamis (22/6) kapal Lintas Kepri melayani pelayaran angkutan penumpang di Kabupaten Lingga. Operasinya kapal lintas Kepri ini diharapkan dapat membantu laju pertumbuhan penumpang baik pada arus mudik dan arus balek nantinya.
“Setelah sekian panjang usaha kami, sekarang baru kapal Lintas Kepri dapat melayani transportasi laut Kabupaten Lingga,” ujar Yusrizal kepada Batam Pos, Rabu (21/6) siang.
Kapal berkapasitas 158 orang ini akan beroperasi pada jalur Tanjungpinang – Jago dengan menyinggahi pulau sekitar Bunda Tanah Melayu ini yakni Pulau Benan, Pulau Rejai, Tanjungkelit, Sungai Tenam, Jagoh dan Pelabuhan Buton. Jalur ini biasanya dilayani oleh kapal Arena yang lama.
Yusrizal menambahkan beroperasinya kapal Lintas Kepri ini menjadi semangat pembuka simpul-simpul transportasi dari dan ke Kabupaten Lingga lebih terbuka sehingga tidak adalagi pulau dan daerah-daerah yang terisolir.
Selain itu, Yusrizal menggambarkan arus mudik saat ini sudah pada tahap puncak. Pada Minggu (18/6) saja, kapal Roro ditambahkan untuk dapat melayani penumpang arus mudik yang mencapai hingga 700 penumpang. Begitu juga dengan kemarin Roro ditambah satu untuk memenuhi membludaknya penumpang.
Selain angkutan roro, di pelabuhan domestik kapal fery Punggur juga terlihat penumpukan penumpang yang belum mendapat kapal untuk berangkat mudik ke kampung halaman mereka di Kabupaten Lingga. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Yusrizal mengaku telah melakukan koordinasi dengan pihak operator untuk mengambil solusi.
“Saya dengar operator menunggu jumlah penumpang mencukupi baru mereka menambah kapal,” kata Yusrizal. (wsa)

Update