Rabu, 24 April 2024

H-1, Walikota Batam Cek Kesiapan Kapal

Berita Terkait

foto: cecep mulyana / batampos

batampos.co.id – H-1 Hari Raya Idul Fitri, arus mudik disejumlah pelabuhan di Batam Meningkat. Seperti yang terlihat di Pelabuhan Domestik Sekupang, Sabtu (24/6).

Untuk melihat kesiapan arus mudik Wali Kota Batam, Muhammad Rudi meninjau langsung setiap armada yang mengangkut 1.500 penumpang menuju pelabuhan Buton, Bengkalis dan Dumai. Rudi yang didampingi Kepala Kantor Pelabuhan Kota Batam, Bambang Gunawan, langsung mengecek dan memeriksa kesiapan kapal, dan berkeliling melihat kondisi penumpang yang sudah berada di dalam kapal feri. Pengecekan ini penting, guna memastikan arus mudik berjalan dengan lancar.

“Tadi saya keliling di dalam kondisinya sudah aman. Jumlah penumpang juga tak melebihi kapasitas, ya bisa dikatakan pelayanannya sudah membaik,” ujar Rudi.

Rencananya, 1.500 penumpang ini akan berangkat pada pukul 6.00 WIB. Meski demikian, masih banyak penumpang yang datang terlambat, hingga membuat keberangkatan kapal sedikit terlambat.

Kepadatan penumpang sudah terlihat sejak pukul 4.00 WIB. Antrean ratusan penumpang tujuan Dumai, Bengkalis dan Buton jelang waktu keberangkatan semakin terasa.

Bahkan, karena berkeinginan berlebaran di kampung ada beberapa penumpang yang rela bermalam di pelabuhan. Mereka memilih menginap karena tak ingin ketinggalan kapal.

“Repot kalau berangkat setelah sahur. Ini saja penumpang sudah banyak yang ngantri, ya lebih baik datang cepat dan tidur di sini (pelabuhan, red) dari pada telat. Ketinggalan pula kita di sini,” kata Rosidin, warga Perumahan Putra jaya Residence ini.

Kepala Syahbandar PDS Deny Cahyadi mengatakan
ada sembilan kapal yang diberangkat pagi tadi. Enam kapal Dumai expres dan tiga kapal feri Batam Jet. Arus mudik juga masih berlangsung saat Lebaran, Minggu (25/6).

“Besok masih ada yang berangkat, tapi yang terdekat saja,” kata Deny.

Sementara itu, hingga pada pukul 6.30 WIB, penumpang lain yang menuju Tembilahan, Selat Panjang, Tanjung Balai Karimun sudah mulai memadati ruang tunggu PDS.

Selain itu, antrean penumpang di depan pintu masuk juga panjang. (cr19)

Update