Kamis, 18 April 2024

H+2 Pelabuhan Roro Telagapunggur masih Padat

Berita Terkait

Sejumlah kendaraan memasuki kapal Roro di Pelabuhan Tanjunguban, belum lama ini. F.Choky/Batam Pos

batampos.co.id – Arus silaturahim Batam ke Bintan di Pelabuhan Kapal Roro Telagapunggur, Nongsa masih dipadati oleh masyarakat, Selasa (27/6).

Arus silaturahim ini bercampur juga dengan masyarakat yang ingin berlibur di beberapa destinasi wisata di Pulau Bintan seperti Lagoi, Pantai Trikora, Bukit Pasir Bintan dan lain-lainnya.

“Masih cukup tinggi, walau tak seramai pada hari pertama,” kata General Manager Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Batam,  Anis Adinizam, Selasa (27/6).

Ia mengatakan dari data yang mereka kumpulkan pada H-1 lebaran tercatat penumpang yang berangkat sebanyak 2.941, kendaraan roda dua yang terangkut sebnyak 886 unit, kendaraan roda empat hingga enam terangkut sebanyak 337 unit.

Sementara itu pada hari lebaran penumpang yang berangkat sebanyak 2.961 orang, kendaraan roda dua 850 unit, kendaraan roda empat hingga enam  267 unit.

Pada lebaran kedua, jumlah penumpang dan kendaraan yang menyeberang menggunakan Kapal Roro, kata Anis meningkat drastis.

“Penumpang itu ada sebanyak 5.710 orang, kendaraan roda dua 1.547 unit dan kendaraan roda empat hingga enam sebanyak 344 unit,” ujarnya.

Jumlah penumpang yang berangkat dari H-1 hingga lebaran kedua ini secara keseluruhan meningkat, dibandingkan tahun lalu.

“Jumlah trip pelayaran sama, namu antusias masyarakat jauh meningkatnya dibandingkan tahun lalu,” tuturnya.

Sementara itu tujuan ke Batam ke Dabo, Batam ke Mengkapan (Kabupaten Siak,red), dua rute baru ASDP ini jumlah penumpang juga membludak.

“Selalu full ini, kami tak buka tiap hari rutenya, seperti Mengkapan sekali seminggu saja. Tapi karena lebaran kami bukan 3 kali dalam seminggu,” ucapnya.

Petugas Stasiun Meterologi Hang Nadim Batam memperkirakan selama arus balik ataupun silaturahim, cuaca di perairan Batam masih normal dan layak untuk dilayari. Dimana tinggi gelombang rata di perairan Batam dan sekitarnya hanya 0,1 hingga 0,5 meter saja.

“Dan cuacanya cerah berawan,” kata Kasi Datin Stamet Hang Nadim Batam, Suratman. (ska)

 

Update