Jumat, 29 Maret 2024

Halal Bihalal Ikhlas untuk Bersatu ala Kemenpar

Berita Terkait

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan melaksanakan acara Halal Bi Halal dengan segenap pejabat dan staf di lingkungan Kemenpar. Acara itu akan berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Lt 1, Jakarta pada Senin, 3 Juli 2017.

Acara itu sebagai ungkapan rasa syukur telah menunaikan ibadah Puasa di bulan suci Ramadhan dan juga merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 H ini. Juga merupakan salah satu aktifitas yang telah menjadi agenda tahunan dari Badan Pembina Rohani Islam (Babinrohis) Kemenpar yang tahun ini mengambil thema “Iklas untuk Bersatu”.

Pembina Badan Pembina Rohani Islam (Babinrohis) Ukus Kuswara mengatakan, kegiatan Halal Bihalal ini bertujuan untuk mempererat kebersamaan seluruh pejabat, pegawai dan stakeholder terkait yang ada di Kementerian di bawah komando Arief Yahya itu.

“Momen ini menjadi acara yang penting pasca Libur Hari raya Idul Fitri. Bagaimana kita memperkuat hubungan diantara kita dengan melakukan halal bi halal dalam kesempatan silaturahmi. Mudah-mudahan kita juga mampu menyinergikan Hablun minallah dan Habhun minann-Nas (hubungan baik dengan Allah dan sesama), rencananya juga akan hadir beberapa pejabat dan menteri-menteri sebelum pak Arief Yahya,” kata Ukus.

Lebih lanjut pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Kemenpar itu mengatakan, untuk memperkokoh silaturahmi,dan untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan dalam kesempatan tersebut diadakan sesi siraman rohani oleh penceramah K.H. Maman Imanul Haq Faqih, yang merupakan Ketua Lembaga Dakwah NU (LDNU) Pusat.

“Sangat menarik, Kang Maman ini (nama panggilannya-red) juga Anggota Komisi VIII DPR RI. Kang Maman aktif dalam berbagai gerakan advokasi kebebasan beragama bersama berbagai aktor, mulai dari seniman hingga politisi. Pengasuh Pondok Pesantren Al-Mizan Jatiwangi, Majalengka ini juga menulis buku “Fatwa dan Canda Gus Dur” dan Antologi Puisi “Kupilih Sepi”. Kang Maman ini lebih dikenal sebagai kyai muda yang progresif, toleran, dan mempunyai kualitas spiritual,” ujar pria berkumis ini.

Selain ramah-tamah di lingkungan Kemenpar, imbuh Hariyanto, acara tersebut rencananya juga akan disuguhi Pagelaran Musik Islami yang akan dibawakan oleh Remaja Muslim (Ramus) Jami Al Hidayah Cikunir Jakamulya Bekasi Selatan.

“Ramus Al Hidayah ini adalah kumpulan remaja yang bertugas membantu DKM Masjid Al Hidayah yang memiliki segudang prestasi ditingkat kota dan event se-Jabodetabek dan terakhir menjadi juara dua di Festival Hadroh se-Jabodetabek yang diselenggarakan MT Bilaa Sa’ah,” lanjutnya

Rencananya, selain para mantan menteri dan pejabat, akan hadir juga UPT di Lingkungan Kemenpar, Stakeholders di Jakarta (asosiasi, industri, Forum Wartawan Pariwisata), seluruh pejabat/ pegawai di lingkungan Kemenpar dan juga Ketua dan Pengurus Dharma Wanita dan beberapa media nasional maupun internasional.

“Silaturahmi sangat penting untuk Kemenpar ke depan, Iklas untuk bersatu juga menjadi hal yang sangat penting untuk kemajuan pariwisata Indonesia, dari Kemenpar kami mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidzin Wal Faidzin. Lebaran bersama-sama melontarkan #PesonaKataMaaf untuk kita semua Indonesia yang bersatu,” Menteri Pariwisata Arief Yahya.(*)

Update