Rabu, 24 April 2024

Banyak Warga Berangkat Dibandingkan yang Mudik

Berita Terkait

batampos.co.id– Arus balik pasca Hari Raya Idul Fitri atau lebaran di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang berjalan kondusif, Rabu (28/6). Namun jumlah penumpang lebih banyak yang berangkat ke luar daerah maupun luar negeri dibandingkan kembali ke Tanjungpinang.

Petugas Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Syafril mengatakan penumpang yang tiba atau kembali ke kota ini lebih sedikit dibandingkan yang berangkat. Kondisi ini telah terjadi dari hari pertama lebaran (H) sampai hari ketiga lebaran (H+2).

“Mulai hari lebaran sampai sekarang banyak yang berangkat ke luar daerah maupun ke luiar negeri. Sedangkan yang tiba tidak terlalu banyak,” ujar Syafril.

Bedasarkan catatan arus balik di Pelabuhan SBP, kata Syafril mulai hari H jumlah penumpang yang tiba dari luar daerah maupun luar negeri sebanyak 4.184 orang dan jumlah yang berangkat ke luar daerah dan luar negeri sebanyak 3.594.

Berikutnya, H+1 penumpang yang tiba sebanyak 5.237 orang dan berangkat sebanyak 6.917 orang. Kemudian H+2 penumpang yang tiba sebanyak 4.549 orang dan berangkat sebanyak 6.968 orang.

“Dari H sampai H+2 jumlah yang tiba dari luar daerah mapun luar negeri sekitar 13.970 orang. Sedangkan yang berangkat keluar daerah maupun luar negeri sekitar 17.479,” bebernya.

Jumlah arus balik dan berangkat di pelabuhan ini, sambung Syafril akan terus bertambah. Sebab saat ini masih dalam suasana lebaran serta liburan panjang. Diprediksi puncak arus balik akan terjadi pada akhir pekan ini (H+7).

“Jumlah penumpang H+3 belum dapat kita rangkum. Sebab aktivitas keberangkatan dan sebaliknya masih terus berjalan sampai malam,” ungkapnya. (ary)

Update