Jumat, 29 Maret 2024

Dishub Gesa Pembangunan Lima Pelabuhan

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri, Kolonel Jamhur mengatakan pihaknya sudah mendapat desakan dari Gubernur Kepri, Nurdin Basirun untuk menggesa pelaksanaan kegiatan fisik lewat APBD 2017 ini. Menurutnya, apabila tidak ada perubahan rencana pelaksanaanya dimulai pada Juli dan Agustus nanti.
“Gubernur sudah menggelar rapat khusus dengan kami. Karena memang sejumlah kegiatan strategis ada di Dishub Kepri,” ujar Kolonel Jamhur belum lama ini.
Disebutkan Jamhur, melalui APBD Tahun 2017 ini, ada lima rencana pembangunan Pelabuhan di sejumlah Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepri. Kelima pelabuhan tersebut adalah, Pelabuhan Penagi, Natuna, Pelabuhan Berhala, Lingga,  penghubung Pelantar I dan Pelantar II, Tanjungpinang, Pelabuhan Tanjunguban, Bintan dan Pelabuhan Karimun.
“Khusus untuk pembangunan Pelabuhan Berhala, Lingga Detail Engineering Design (DED) sudah siap. Bahkan sudah diletakan batu pertama untuk tanda pembangunan,” jelas Jamhur.
Masih kata Jamhur, untuk pelabuhan yang lainnya disejalankan dengan DED pada tahun ini. Pihaknya juga sudah menjelaskan kepada Gubernur, bahwa saat ini sedang digesa untuk penyelesaian DED. Setelah DED rampung akan langsung dikebut pelaksanaan pelelangan fisiknya. Karena memang 2017 ini adalah untuk tahap perdana.
“Untuk pekerjaan awal masing-masing dianggarkan sekitar Rp5 miliar. Sedangkan penyelesaiannya pada 2018 mendatang. Kegiatannya bukan multi years, terapi bertahap,” jelasnya lagi.
Ditambahkan Jamhur, khusus untuk Tanjungpinang, digesanya pembangunan konekting Pelantar I dan Pelantar II adalah untuk mempermudahkan akses bongkar muat barang. Karena Tanjungpinang sampai saat ini, masih belum memiliki Pelabuhan Bongkar Muat yang representatif. Sementara Tanjungpinang adalah Ibu Kota Provinsi Kepri.
“Semua butuh proses untuk menyediakan infrastruktur pelabuhan yang lebih baik. Karena semua tergantung pada kemapuan keuangan daerah,” tutup Jamhur Ismail. (jpg)

Update