Dua orang Satgas kebersihan Kecamatan Bengkong sedang memindahkan sampah dari mobil satgas kebersihan kecamatan ke mobil bin kontainer di TPS Komplek Greentom Bengkong. Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Pasca perayaan hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah, volume sampah yang ada di Kota Batam mengalami peningkatan sebanyak 10 hingga 20 persen bila dibandingkan dengan hari biasanya.

“Meningkat pasti karena aktivitas warga juga meningkat,” kata Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, Muhammad Fairuz Batubara, Rabu (28/6).

Setiap harinya sampah yang dihasilkan mencapai 1000 yang dihasilkan oleh aktivitas masyarakat Batam. Meskipun meningkat, hingga saat ini penanganan sampah dilakukan secara maksimal.

“Dari data call center baru ada satu orang yang komplain,” kata dia.

Dia menyebutkan, jenis sampah yang meningkat volumenya adalah sampah plastik, kaleng minuman, kardus, daun ketupat, dan kertas koran.

“Ini merupakan makanan khas yang selalu hadir saat lebaran,” sebutnya.

Fairuz juga tidak menapik ada sebagian warga yang mengeluh karena sampahnya belum diangkat seperti, ada warga yang mengunggah jika sampah mereka tidak diangkut, untuk masalah ini, pria asal Sumatera selatan ini mengaku tetap bekerja sesuai dengan jadwal yang telah disusun.

“Kami tidak bisa bekerja on call, semua harus sesuai dengan jadwal, tapi jika warga merasa pelayanan berbeda dengan hari biasanya yang mengakibatkan
penumpukkan sampah, bearti kami yang salah,” terangnya.

Sementara itu, Camat Sekupang, Muhammad Arman mengatakan untuk sampah selama lebaran terlayani dengan baik. Petugas yang brtugas di kecamatan juga kembali bertugas normal demi memaksimalkan pengangkutan sampah.

“Alhamdulillah hingga saat ini belum ada pengaduan yang parah terkait permasalahan sampah,” kata pria yang akrab disapa Arman ini.

Pantauan Batam Pos di beberapa permukiman warga yang berada di Kecamatan Sekupang tidak penumpukan sampah yang terjadi, pasukan oranye juga terlihat bekerja mengangkut sampah dari sumbernya. Satu armada jenis convector juga berkeliling demi menuntaskan pengangkutan sampah di perumahan.(cr17)

Respon Anda?

komentar