Selasa, 19 Maret 2024

Masjid Dompak Jadi Pilihan Wisata

Berita Terkait

batampos.co.id – Libur panjang yang masih tersisa dimanfaatkan banyak kalangan menghabiskan waktu bersama keluarga. Mengunjungi berbagai tujuan wisata, menjadi salah satu cara untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.
Dari sekian banyak lokasi tujuan wisata yang ada di Kota Tanjungpinang, Masjid Dompak menjadi salah satu alternatifnya.
Kenapa tidak? Pada libur lebaran yang masih tersisa, Masjid yang berdiri megah di dataran paling tinggi di Dompak ini, pun ramai dikunjungi wisatawan lokal. Terutama, wisatawan yang mudik pulang ke Tanjungpinang.
Deddy, salah satu wisatawan lokal yang mengunjungi Masjid Nur Ilahi, Dompak menilai,  kesempatan mudik tiap tahunnya, selalu ia sempatkan untuk mengunjungi masjid berwarna variasi hijau ini.
“Sekalian jadi tempat istirahat. Pas jalan-jalan silahturahmi, Zuhurnya disempatkan ke sini,” tutur mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Kota Apel, Malang ini.
Alasan yang sama, juga didengar dari beberapa pengunjung masjid yang memiliki menara menjulang di salah satu sisi masjidnya.
Panasnya cuaca di Kota Gurindam, seakan sirna setiba di lokasi masjid ini. Posisinya yang berada di ketinggian, membuat pengunjung dapat merasakan kencangnya hembusan angin yang melegakan. Setelah melangsungkan ibadah di Masjid yang juga ikon dari Pulau Dompak ini, pemandangan di sekeliling masjid memanjakan setiap mata pengunjung.
Mulai dari jembatan fenomenal yang menghubungkan pusat Kota Tanjungjungpinang dan Pulau Dompak. Hamparan pemandangan kota lama Tanjungpinang, yang seolah miniatur kota juga dapat terlihat jelas dari teras masjid yang luas.
Jika menggeser sedikit pemandangan, hamparan hijaunya bukit hingga Gunung Bintan pun dapat terlihat jelas. Sehingga terlihat batas antara wilayah perkotaan dan pemadangan alam yang masih terjaga. Di sisi lain bangunan masjid, terlihat pusat pemerintahan provinsi Kepri yang ditandai dengan dua bangunan yang saling berhadapan. Yakni Kantor Pemerintahan Provinsi dan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Provinsi Kepri.
“Kalau dari sini semuanya kelihatan, Kota Tanjungpinang, wilayah Kabupaten Bintan, sampai pusat pemerintahan Provinsi Kepri. Kaya lagi di dalam peta jadinya,” tutur salah seorang pengunjung asal Batam, Idham.
Tak hanya bagian luar masjid yang menyajikan berbagai pemandangan. Interior bangunan masjid pun tak pelak membuat pengunjung berdecak kagum. Masjid yang telah kembali direnovasi pada bagian mimbarnya ini, memikat mata siapa pun yang mengunjunginya.
Mimbar masjid, dengan corak warna Melayu, yakni kuning keemasan dan hijau menunjang kesan mewahnya. Di sisi kanan dan kiri mimbar, terdapat pula ukiran kaligrafi Asmaul Husna. Yang memenuhi bidang dindingnya.
Sehingga tak heran, ditemukan beberapa pengunjung mengabadikan diri dengan mengambil gambar dengan latar mimbar tersebut. “Boleh, tapi batasnya di saf pertama. Dan tetap menjaga tempat Imam,” tutur salah seorang pengurus masjid.
Dengan keindahan yang disajikan, tak heran jika pengunjung masjid semakin ramai di sepanjang musim liburan ini. Tak hanya untuk berhenti, menjalankan ibadah salat. Namun juga sebagai tempat perisitirahatan yang sekalgus menyajikan keindahan ibu kota provinsi, yang sayang untuk dilewatkan. (aya)

Update