batampos.co.id – Nelayan di Kabuapten Lingga masih merayakan lebaran hingga pada H+4 sehingga belum turun mencari ikan. Akibatnya, pasar kekosongan segala jenis ikan laut untuk dijual, begitu juga dengan sejumlah kedai yang biasa menjual ikan terlihat masih tutup, tidak berjualan.
“Yah sulit mau mencari ikan untuk dimakan, semua penjual ikan basah masih tutup tidak berjualan. Ini karena banyak nelayan yang belum ke laut,” kata Oji salah satu warga Sungai Lumpur, Rabu (28/6) pagi.
Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga Senin pekan depan dan setelah itu akan kembali normal seperti biasa. Selain ikan yang tidak ada di pasaran, pasokan sayur mayur, cabai dan lainnya juga tergolong menipis. Karena kapal kayu pengangkut sembako diperkirakan akan kembali beroperasi pada Senin pekan depan.
Pantauan di lapangan, pasar sayur di Dabo Songkep masih beroperasi seperti biasa, tapi terlihat sepi dari aktifitas jual beli. Selain pedagang yang sedikit berjualan, barang-barang dagangan yang dijual juga terlihat sedikit. Selebihnya terlihat banyak meja pedagang yang kosong.
“Kami berjualan sekedar saja untuk menghabiskan sisa barang dagangan yang kemarin,” ujar wawan salah satu pedagang di pasar sayur Dabo Singkep.
Sementara itu di tempat yang berbeda, Kasi Perdaganga Razwin mengatakan kondisi ini tidak akan berlangsung lama. Dia memperkirakan seluruhnya akan kembali normal dalam waktu dua hari lagi, setelahnya kondisi laju pasokan sayur mayur akan kembali seperti biasanya.
“Biasanya tidak lama. Ini akan kembali beroperasi dalam dua hari ini,” ujar Razwin.
Razwin menambahkan, Dinasnya juga belum beraktifitas sehingga belum dapat memantau arus pasokan barang dari Jambi atau luar daerah seperti biasanya. Namun Razwin mengatakan kondisi ini tidak akan berlangsung lama seperti lebaran yang sudah-sudah.
Walau demikian, Pemkab Lingga tahun ini tidak melakukan pasar murah seperti biasanya. Razwin mengatakan pasar murah tidak diadakan karena kondisi harga dan stok barang masih dalam keadaan aman. (wsa)

Respon Anda?

komentar