Jumat, 19 April 2024

Puncak Arus Balik Mulai Hari Ini 

Berita Terkait

batampos.co.id – Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi memperkirakan lonjakan arus balik Lebaran pada tahun ini akan terjadi pada Jumat (30/6) hingga Minggu (2/7).
Menanggulangi lonjakan arus balik ini, seluruh operator pelayaran akan menambah masing-masing satu unit armada kapal agar tidak ada penumpang yang terlantar di pelabuhan.
“Tadi kami telah melakukan pertemuan membahas penanggulangan arus balik lebaran. Semua aparatur pemerintahaan juga telah berkoordinasi dengan baik,” ujar Ucok kepada Batam Pos di Dabo Singkep, Kamis (29/6) pagi.
Pertemuan yang dihadiri Kepolisian, Lanal Dabo Singkep, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, KPLP dan ASDP membahas tentang koordinasi untuk lancarnya arus balik penumpang dari Kabupaten Bunda Tanah Melayu. Koordinasi operasi tersebut akan berakhir hingga Selasa (4/7).
Dalam pertemuan itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga Yusrizal mengatakan, jumlah pemudik pada tahun ini berjumlah tiga ribu orang. Sedangkan pada arus balik diperkirakan jumlah penumpang juga akan sama dengan arus midik yakni tiga ribu orang.
“Tapi kami sedikit terbantu selain adanya setiap petugas yang aktif di sentra pelayanan arus balik, libur sekolah juga lebih lama sehingga arus balik diperkirakan akan berangsur,” ujar Ucok.
Fokus penempatan sejumlah personil petugas penanganan arus balik yakni di pelabuhan Jago yang menjadi pelabuhan paling sibuk di Kabupaten Lingga. Sedangkan personil yang turut terjun yakni salah satunya adalah petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan lengkap dengan armada ambulance untuk penanganan lebih lanjut.
Sedangkan Polres menerjunkan personil yakni dari Polsek, Pos Pam, Pos Pelayanan, Pos Pol. Untuk memudahkan koordinasi di pos pelayanan di Pelabuhan Jago telah disiapkan sejumlah personil dari Sabhara dan unit lainnya. (wsa)

Update