Antrian kendaraan memadati pelabuhan penyebrangan pintu Pelabuhan Telaga Punggur, Senin (26/6). Penumpang Kapal Roro rute Telagapunggur, Nongsa tujuan Tanjunguban, Bintan naik 10 persen dibandingkan tahun lalu. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Penumpang Kapal Roro rute Telagapunggur, Nongsa tujuan Tanjunguban, Bintan naik 10 persen dibandingkan tahun lalu. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenaikan jumlah penumpang ini, salah satunya banyaknya masyarakat yang tak mudik Lebaran. Memanfaatkan cuti Lebaran untuk berliburan ke beberapa objek wisata di Bintan.

“Rata-rata naiknya 10 persen setiap hari, dibandingkan tahun lalu,” kata General Manager ASDP Telagapunggur, Anis Adinizam, kemarin.

Anis mengatakan lonjakan penumpang selain banyaknya masyarakat berlibur ke Bintan, juga derasnya arus silaturahim masyarakat Pulau Batam ke Bintan. “(Arus silaturahim,red) sudah terlibat dari H-1, lalu pas hari H,” tutur Anis.

Ia menjabarkan dari data yang mereka kumpulkan pada H-1 lebaran tercatat penumpang yang berangkat sebanyak 2.941, kendaraan roda dua yang terangkut sebnyak 886 unit, kendaraan roda empat hingga enam terangkut sebanyak 337 unit.

Sementara itu pada hari lebaran penumpang yang berangkat sebanyak 2.961 orang, kendaraan roda dua 850 unit, kendaraan roda empat hingga enamĀ  267 unit. Pada lebaran kedua, jumlah penumpang dan kendaraan yang menyeberang menggunakan Kapal Roro, kata Anis meningkat drastis. “Penumpang itu ada sebanyak 5.710 orang, kendaraan roda dua 1.547 unit dan kendaraan roda empat hingga enam sebanyak 344 unit,” ujarnya.

Pada H+2, kata Anis penumpang yang berangkat ke Tanjunguban pada kisaran 5.700 orang. Sedangkan yang datang dari Tanjunguban ke Telagapunggur sebanyak 4.128 orang. “Untuk memperlancar arus pelayaran, kami biasanya tahun lalu melayani 15 kali pelayaran. Tahun ini ditambah satu pelayaran, jadi 16,” tuturnya. (ska)

Respon Anda?

komentar