Sabtu, 20 April 2024

6.000 Orang Tinggalkan Tanjungbatu

Berita Terkait

Dua polisi memberikan pengamanan pada arus mudik maupun balik di pelabuhan Tanjungbatu. F.Sandi/batampos.

batampos.co.id – Memasuki lebaran ke empat (H+4), tercatat sebanyak 6.040 orang meninggalkan Tanjungbatu melalui pelabuhan Tanjungbatu Kundur. Data ini berbeda dengan jumlah penumpang yang masuk ke Tanjungbatu sebanyak 5.389 orang pada H+4. Diperkirakan data ini akan terus bertambah seiring dengan puncak arus balik yang diperkirakan terjadi Minggu, (2/7) besok.

Data yang tertulis di papan posko terpadu di pelabuhan Tanjungbatu, rata-rata setiap harinya terdapat 1.000 lebih penumpang yang berangkat dan datang. Terhitung dari tanggal 26 hingga 29 Juni tercatat 1.509, 1.587, 1.255 dan 1.038 penumpang yang tiba di Tanjungbatu. Sedangkan penumpang yang berangkat pada 26 sampai 29 Juni tercatat 1.081, 1.622, 1.649, 1.688 orang dengan 33 sampai 35 kunjungan kapal. Meskipun hanya ada satu ponton dengan penumpang cukup padat namun berjalan lancar dan aman.

Kepala Syahbandar Octavinas Nazman melalui Kasi Gamat KPP kelas II pelabuhan Tanjungbatu Eko mengakui arus mudik dan balik ramai lancar. Walaupun hanya ada satu ponton, namun seluruh penumpang dapat terlayani dengan baik.

“Karena hanya ada satu ponton terpaksa sejumlah kapal yang hendak bersandar harus mengantri. Ponton yang satu lagi kan sedang diperbaiki. Semua berjalan dengan baik berkat kerja keras dan peran aktif semua pihak terutama peran penumpang itu sendiri,” kata Eko, Jumat (30/6) kemarin.

Pantauan di lapangan, pihak Syahbandar sudah memanfaatkan ruang tunggu gedung baru. Dengan fasilitas ruangan pendingin (AC) dan tempat duduk penumpang yang cakup memadai. Hanya saja karena hanya ada satu ponton sehingga sejumlah kapal ferry maupun speedboat mengantri untuk bersandar ke dermaga. Pelayanan kesehatan, karantina, dan keamanan dari polsek dan Sat Pol PP Kecamatan Kundur siap di pos terpadu. (ims)

 

Update