foto: cecep mulyana / batampos

batampos.co.id – Arus balik pasca lebaran idul fitri mulai terlihat di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Jumat (30/6). Puncak arus balik diperkirakan terjadi hari ini (Sabtu, red) hingga Minggu (2/7).

Kemarin, sekitar pukul 11.00 WIB, ratusan penumpang nampak turun dari kapal Ferry Dumai Express yang bertolak dari Dumai hingga Selatpanjang. Dibandingkan hari biasa, jumlah penumpang yang datang naik beberapa kali lipat. Apalagi, adanya penambahan kapal dari Dumai ke Batam.

Syahbandar PDS, Deny Cahyadi mengatakan sejak Kamis (29/6) arus balik penumpang sudah terlihat. Namun jumlah penumpang tidak sebanyak kemarin (Jumat, red).

“Kalau kemarin jumlah penumpang 4276, kalau hari ini (kemarin, red), diperkirakan tembus diatas angka 4.000 hingga 5.000,” terang Deny, Jumat (30/6).

Dikatakannya puncak arus balik dari beberapa daerah seperti, Dumai, Tanjungbatu, Selatpanjang, Moro, Tanjungbalai dan Kuala tungkal diperkirakan terjadi Sabtu dan Minggu. Beberapa operator kapal ferry juga telah menyiapkan penambahan kapal operasional untuk arus balik.

“Sudah ada operator kapal membeberangkatkan kapal kosong untuk mengangkut penumpang, seperti dari Dumai, Kualatungkal. Apalagi untuk Sabtu dan Minggu,” terang Deny.

Sedangkan untuk penumpang yang berangkat dari Batam menuju beberapa daerah sudah mulai normal. Meski begitu, angka keberangkatan masih tinggi dibanding hari biasa. Hal itu terlihat dari jumlah penumpang yang berangkat pada hari Rabu (28/6) 2.884 penumpang, Kamis (29/6) 2.410 penumpang.

“Untuk hari ini belum kita update, besok datanya sudah ada,” ujar Deny.

Sementara Manager Batam Jet, Togu Simorangkir mengatakan untuk arus balik pihaknya menyiapkan satu penambahan kapal dari Dumai dan Selatpanjang. Bahkan, kapal diberangkatkan kosong dari Batam ke Dumai, untuk menyiasati lonjakan penumpang.

“Kita berangkatkan kosong. Jadi dari dumai sekarang ada dua kapal, biasanya cuma satu kapal,” pungkas Togu. (she)

Respon Anda?

komentar