batampos.co.id – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun masih menimang-nimang kandidat terbaik untuk ditunjuk sebagai Penjabat Walikota Tanjungpinang pada 16 Januari 2018 mendatang.
Akan tetapi sejauh ini dua nama putra daerah yang berpotensi menduduki  jabatan tersebut. Mereka adalah Asisten I Pemprov Kepri, Raja Ariza dan Asisten II Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum.
Seperti diketahui keduanya merupakan putra daerah Tanjungpinang. Bahkan mereka juga sudah teruji sebagai birokrat ulung. Ketika ditanya mengenai adanya peluang menjadi Penjabat Walikota Tanjungpinang lebih kurang delapan bulan, Raja Ariza enggan untuk membicarakan hal itu.
“Kewenangan untuk menentukan itu adalah merupakan hak proregatif Bapak Gubernur. Kita sebagai bawahan tentu harus siap melaksanakan tanggungjawab yang diberikan,” ujar Raja Ariza belum lama ini.
Sementara itu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun masih belum bisa untuk membuat keputusan. Menurutnya, penunjukan akan dilakukan mendekati berakhirnya masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang, Lis-Syahrul nanti. Meskipun demikian, pejabat yang ditunjuk adalah yang terbaik.
“Meskipun hanya beberapa bulan menjabat sebagai Penjabat Walikota, tetapi punya tanggungjawab besar. Tentu harus pejabat yang benar,” ujar Gubernur Nurdin.
Disinggung posisi Penjabat Walikota adalah jabatan politisi. Mantan Bupati Karimun tersebut menegaskan, pejabat negara dilarang tentunya untuk terlibat dalam politik praktis. Karena tugas dan tanggungjawabnya adalah menjalankan roda organisasi pemerintahan sampai dilantiknya Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang yang defenitif.
“Aturan sudah jelas, bahwa ASN tidak boleh terlibat politik praktis. Karena semua ada konsekuensinya,” tegas Gubernur Nurdin.
Sebelumnya, Akademisi Stisipol Tanjungpinang, Zamzami A Karim memprediksikan Pemilihan Walikota (Pilwako) Tanjungpinang 2018 mendatang merupakan panggung pertarungan politik antara PDI Perjuangan melawan Partai Golkar. Karena sejauh ini, dua partai besar tersebut yang memiliki kader potensial untuk maju.(jpg)

Respon Anda?

komentar