Jumat, 29 Maret 2024

KasatLantas Bantu Seorang Ibu Melahirkan Bayi di Tepi Jalan

Berita Terkait

AKP Arman tampak sigap membantu proses kelahiran seorang ibu di ruas tol Cipali (istimewa)

batampos.co.id – Sukiati melahirkan anak di ruas jalan tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat.

Video detik-detik kejadian itu kemudian tersebar dan menjadi viral di media sosial, salah satunya diunggah akun @lambe_turah.

Dari video itu, yang menjadi perhatian warganet adalah aksi heroik Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Arman yang membantu Sukiati melahirkan.

Polisi tersebut menuai pujian karena dinilai cepat tanggap menolong perempuan itu, meski tampak kaku saat menggendong bayi yang dilahirkan Sukiati.

“Bapak polisi kelihatan kikuk bener deh gendong bayi baru lahir. Tapi salut dah. Semoga Allah membalas kebaikanmu Pak Polisi,” tulis @asna_naa.

“Ini baru yang namanya polisi pelayan masyarakat,” puji @dickyrohmadfyzy.

“Alhamdulillah ikut senang dengernya, salut untuk Pak Polisi yang membantu prosesnya. Semoga dibales kebaikannya ya pak,” ujar @abuimanr999.

“Subhanalloh salut. Alhamduillah ibu dan bayinya sehat ya Alloh,” komentar @permadhani_pr.

Sukiati melahirkan di ruas Tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat saat berada di tengah arus balik.

Sukitai yang yang menumpang sebuah bus, terpaksa harus segera diturunkan di tengah jalan untuk diberi pertolongan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengatakan, insiden ini terjadi pada pukul 13.17 WIB, Minggu (2/7).

Ketika itu, Bus Kiara Mas mendadak berhenti di pinggir Tol Cipali kilometer 82 di wilayah Purwakarta, Jawa Barat.

“Bus itu berhenti lantaran ada seorang penumpangnya yang mengalami kontraksi, karena hendak melahirkan bayinya,” kata Rikwanto, Minggu (2/7).

Kemudian Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Arman yang kebetulan melintas di lokasi untuk melakukan pemantauan arus balik melihat bus itu berhenti. Akibatnya laju kendaraan lainnya tersendat.

“Saat dilihat oleh Kasat Lantas, ternyata ada seorang ibu yang tergeletak di pinggir jalan hendak melahirkan,” sambung dia.

Melihat hal itu, Arman kemudian mengambil tindakan untuk membantu ibu bernama Sukiati (43) yang merupakan warga Desa Tulis Selo Piro RT 03/03 Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah itu menuju rumah sakit.

Dibantu penumpang lainnya, Arman lantas menggotong Sukiati ke dalam mobil dinasnya.

Namun, karena kondisi arus lalu lintas cukup padat dan jarak tempuh ke rumah sakit cukup jauh, Sukiati akhirnya melahirkan di jalan. Sukiati dan bayinya kemudian dibawa ke Rumah Sakit Siloam, Purwakarta. (ded/JPG)

Update