Walikota Batam Optimis Ekonomi Membaik

Suasana di galangan kapal yang menjadi sektor investasi perusahaan asing yang berada di kawasan industri galangan kapal Tanjung Uncang, Batuaji Foto.Rezza Herdiyanto/Batam Pos

batampos.co.id – Wali Kota Batam, Rudi optimistis kondisi ekonomi Batam akan kembali normal pada tahun 2018. Ia yakin karena pemerintah pusat terus menggesa status Batam untuk beralih menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Dalam tiga atau empat bulan kedepan, ekonomi Batam akan naik. KEK tinggal menuunggu keputusan pusat. Prosesnya tak rumit, tinggal mengubah undang-undang dan peraturan pemerintah, dan itu adanya di Pemerintah Pusat,” kata Walikota Batam, Rudi belum lama ini.

Rudi kemudian menjelaskan jika Presiden Jokowi meminta timnya untuk bergerak cepat, maka KEK akan segera terealisasi.

“Mudah-mudahan dengan saya berbicara seperti ini, didengar pemangku kepentingan di pusat. Cepat ambil alih permasalahan di Batam,” ujar dia.

Hingga saat ini masyarakat Batam terkatung-katung dengan
ketidakpastian hukum dan investasi di Batam. Imbasnya membuat investor takut menanamkan modal di Batam.

“Kami sebagai Pemda juga bingung. Mau sampaikan salah, tak sampaikan juga salah. Karena wewenangnya bukan di kami,” kata Rudi.

Rudi sangat berharap agar Presiden cepat dalam mengambil keputusan. Sebab rakyat Batam kini sudah banyak yang terpuruk dengan kondisi Batam saat ini.

“Bersyukur kita masih ada sektor lain yang bisa diandalkan, sehingga mampu bertahan. Tapi tak boleh terlalu lama menunggu, dan ini berisiko besar,” ujar dia.

Itu sebabnya Rudi menilai, soal kepastian hukum di Batam harus segera didudukkan Pemerintah Pusat. Terutama kepastian hukum dalam berinvestasi yang terkait dengan urusan lahan.

“Mudah-mudahan dengan begitu, proses pertumbuhan ekonomi di Batam bisa tumbuh lagi,” harap Rudi.(leo)

Respon Anda?

komentar