Jumat, 29 Maret 2024

H+5 Arus Balik Mencapai 36.356 Orang

Berita Terkait

batampos.co.id – Arus balik dari pelabuhan Tanjungbalai Karimun pada H+5 lalu, sudah mencapai 36.356 orang. Tidak hanya yang berangkat menuju luar Karimun, tetapi termasuk tujuan Singapura dan Malaysia.

Sementara yang datang ke Karimun tidak jauh berbeda selisihnya yaitu 33.631 orang atau 15,5 persen. Sedangkan yang berangkat di arus balik terjadi penurunan 5,5 persen saja tujuan lokal seperti Batam, Tanjungpinang, Tanjungbatu dan sekitarnya.

”Kalau dilihat sejak H+1, rata-rata tujuan Selatpanjang dan Selatbelia yang banyak berangkat. Bahkan, tujuan Selatbelia H+4 bisa mencapai 929 orang yang berangkat dan kemarin hanya 755 orang,” kata Kasi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhan KSOP Kelas II Tanjungbalai Karimun, M Syafrizal, kemarin (2/7).

Namun, secara keseluruhan baik itu yang berangkat maupun tiba di pelabuhan Tanjungbalai Karimun melalui pelabuhan Domestik dan International berjalan lancar. Artinya, para calon penumpang tertib saat menunggu kapal ke berbagai tujuan. Sehingga, arus balik tahun ini berjalan lancar sesuai dengan harapan semua pihak.

”Walaupun padat dari arus mudik dan arus balik dipelabuhan Tanjungbalai Karimun, para calon penumpang tertib mengikuti arahan petugas jaga. Sedangkan, jumlah arus mudik kemarin mencapai 66.415 orang ke berbagai tujuan dan yang datang ke Karimun lebih banyak yaitu 71.893 orang,” ungkapnya.

Terpisah Ketua DPC INSA Karimun Bustami Datuk Raja Marah ketika dikonfirmasi mengatakan, bahwa pihaknya ada penambahan kapal dua tujuan Selatpanjang. Untuk H+1 sampai H+3, mengingat animo calon penumpang dari Tanjungbalai Karimun tujuan Selatpanjang cukup ramai.

”Seperti arus mudik lalu. Tapi arus balik lebih banyak, di hari pertama sampai hari ketiga lebaran. Sehingga, kita lakukan penambahan kapal tujuan Selatpanjang,” paparnya.

Pantauan di pelabuhan, calon penumpang memanfaatkan hari libur terakhir untuk berkunjung ke sana keluarganya di beberapa pulau. Seperti pulau Batam, Tanjungpinang, Buru, Tanjungbatu, Moro dan sekitarnya. (tri)

Update