Selasa, 19 Maret 2024

Habis Hujan, Jalan Berlubang Bertambah

Berita Terkait

Pengendara ekstra hati-hati melewati jalan rusak Putri Hijau, Sagulung, Jumat (12/5). Jalan ini cukup parah rusak tetapi tidak segera diperbaiki oleh Pemko Batam. Bila hujan datang jalan ini becek dan banjir, bila cuaca panas berdebu. Foto. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Batam yang diguyur hujan beberapa hari belakangan ini tidak hanya menyisakan sampah yang terbawa arus, tapi juga menambah jumlah lubang di jalan.

Hujan yang mengguyur Batam sejak pagi hari, Senin (3/7/2017) membuat pengguna jalan harus ekstra hati-hati ketika melintasi jalan. Pantauan batampos.co.id, di Bengkong ada empat titik jalan rusak yakni, Jalan Bengkong Baru, Jalan Bengkong Harapan arah ke Giant, Jalan Yos Sudarso dan Jalan Golden Prawn.

Umumnya jalan rusak ini disebabkan mengelupasnya aspal jalan akibat tergerus air hujan. Pengendara mobil ataupun motor yang melintas terpaksa harus memperlambat laju kendaraannya sehingga tidak celaka. Bahkan, sepeda motor yang melintas terkadang tidak menyadari adanya lubang.

“Cuaca hujan begini, kita tergesa-gesa jadi tidak begitu melihat kalau ada lubang,” kata pemotor yang melintasi Jalan Yos Sudarso, Rezza Khaliq.

Ia merasa beruntung kondisi jalan sepi, sehingga memutuskan mengambil jalur yang berlawanan arah. “Ya, kalau sudah ngebut, kita tidak bisa rem, jadi menghindari dengan ambil sisi jalan satunya,” jelasnya singkat.

Hal serupa juga terlihat di Jalan Budi Kemuliaan. Lubang berukuran setengah meter dan kedalaman 20 centimeter berada nyaris di dekat jalan masuk Rumah Sakit Budi Kemuliaan ini terlihat ditambal dengan batu ukuran besar. “Entah itu batu pondasi atau warga di sini yang menambal dengan batu ukuran besar,” kata warga setempat, Arif Rahman.

Dia mengungkapkan sudah sering melihat pengendara menghindari lubang tersebut, bahkan ada yang kaget dan nyaris menghentikan laju kendaraannya secara mendadak.

Sementara itu, jalan terkelupas juga dijumpai di Jalan Golden Prawn arah dari Golden Prawn menuju Bengkong Shopping Centre. Jalanan yang agak menanjak didekat SPBU ini terlihat mengelupas sepanjang 5 meter dan hampir di seluruh ruas jalannya. (cr18)

Update