ilustrasi

batampos.co.id – Pengelolah sampah di wilayah Batuaji dan Sagulung perlu diancungi jempol. Pasalnya persoalan sampah yang selama ini dikeluhkan warga akhirnya teratasi dengan baik. Bahkan sampah lebaran yang biasanya tiap tahun bermasalah bisa diatasi dengan baik.

Pantauan di lapangan, hampir semua tempat penampungan sementara (TPS) sampah terlihat bersih dari tumpukan sampah. Hanya beberapa TPS yang terlihat masih ada tumpukan sampah, seperti di TPS simpang Kaveling Baru Sagulung. Namun demikian petugas pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup dan Pengolahan Sampah kota Batam bertekad akan segera merampungkan tumpukan sampah tersebut.

“Besok baru diangkut, hari ini kami libur,” kata Suroso, salah satu petugas pengangkut sampah di lokasi TPS tersebut, Minggu (2/7).

Kondisi yang sama juga terlihat di tempat penampung sampah di perumahan. Meskipun ada yang menumpuk namun tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Sampah perumahan umumnya sudah diatasi dengan baik. Armada pengangkut sampah berupa mobil pick up dan petugas dari kecamatan rutin mengangkut sampah perumahan empat hari sekali untuk diantar ke TPS.

“Tahun ini sudah cukup baik. Alhamdulilah tak lagi menumpuk seperti tahun-tahun sebelumnya. Mereka (petugas) rutin angkut setiap empat hari sekali,” kata Marlina, salah satu warga di perumahan Puskopkar Batuaji.

Sebelumnya warga memang sempat kuatir sebab biasanya jika hari raya Lebaran tentu tumpukan sampah akan terjadi dimana-mana, namun itu tak terjadi Lebaran tahun ini.

Camat Batuaji Fridkalter sebelumnya menuturkan, persoalan sampah memang menjadi fokus perhatian pihaknya selama ini. Semenjak ada kebijakan pengelolaan sampah diserahkan ke kecamatan, sampah di wilayah Batuaji sudah diatasi dengan baik.

“Kami punya 17 armada pengangkut sampah terdiri dari 13 mobil pick up dan empat unit sepeda motor becak. Semuanya sudah bisa diatasi dengan baik. Begitu juga TPS sudah cukup memadai. Jadi tingggal kesadaran masyarakat saja untuk tidak lagi buang sampah sembarangan,” ujar Fridkalter.

Senada disampaikan Camat Sagulung Reza Khadafi yang menuturkan, persoalan sampah sudah teratasi dengan baik. Puluhan armada yang disediakan sudah cukup mengatasi persoalan sampah di Sagulung. (eja)

Respon Anda?

komentar