Jumat, 29 Maret 2024

6 PNS Mangkir di Hari Pertama Masuk Kerja

Berita Terkait

Wabup Bintan Dalmasri Syam menyalami pegawai seusai memimpin apel gabungan di hari pertama masuk kerja di halaman Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Senin (3/7). F. Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bintan mencatat terdapat 6 pegawai negeri sipil (PNS) mangkir di hari pertama masuk kerja seusai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, Senin (3/7). Keenam PNS tersebut membolos dengan alasan kehabisan tiket pulang seusai mudik.

Kepala BKPPD Bintan, Irma Annisa usai apel gabungan di Kantor Bupati Bintan Bandar Seri Bentan mengatakan, keenam PNS yang mangkir di hari pertama masuk kerja sudah menghubungi dirinya.

Para PNS itu beralasan tidak hadir di hari pertama masuk kerja karena kehabisan tiket pulang seusai mudik. “Tiket kepulangan mereka di hari Selasa juga sudah di WA. Namun tetap BKPPD melaporkan ke BKN pusat,” jelasnya.

Sejak awal, Irma mengaku, banyak pegawai yang mengajukan penambahan cuti di luar cuti bersama Hari Raya Idul Fitri. Malah dirinya sering menerima teror. “Sampai diteror, tetapi tetap tak ibu diberikan,” katanya.

Lebih jauh Irma mengatakan, saat ini, pihaknya menunggu rekap dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pemerintah kecamatan kelurahan maupun desa. “Setelah menerima rekap absensi, BKPPD akan melaporkan sesuai arahan Kemen PAN & RB dan bagi PNS yang mangkir akan ditegur,” ujar mantan Kabag Agraria Pemkab Bintan.

Sementara itu, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam menilai kedisiplinan PNS dilingkungan Pemkab Bintan sudah sangat baik. “Hampir semua PNS hadir di apel gabungan di hari pertama masuk kerja,” menurutnya.

Masih menurut Dalmasri, kesadaran PNS Pemkab Bintan juga sangat tinggi.
Dalmasri juga mengingatkan di hari pertama masuk kerja, PNS langsung bekerja melayani masyarakat. “Pelayanan publik juga dimulai hari ini. Saya minta PNS melayani publik secara maksimal,” pintanya.

Seusai memimpin apel gabungan di hari pertama masuk kerja, Dalmasri yang menjadi irup upacara mengantikan Bupati Bintan Apri Sujadi yang berhalangan hadir karena alasan kesehatan langsung menyalami pegawai.

Kegiatan halalbihalal dilanjutkan makan bersama di aula Kantor Bupati Bintan. (cr21)

Update