Selasa, 23 April 2024

Tim Saber Pungli Pantau Penerimaan Murid Baru

Berita Terkait

Sejumlah pelajar ditemani orang tuanya mengikuti Pendaftaran Peserta Didik Baru di SMAN 2 Tanjungpinang, Senin (3/7). F.Yusnadi/Batam Pos
batampos.co.id – Tim Saber Pungli Kota Tanjungpinang, belum menemukan adanya Sekolah di Tanjungpinang, yang terindikasi melakukan pungutan liar pada saat penerima peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2017/ 2018.
“Hari ini (kemarin) belum kami temukan pungli. Ini masih kami pantau terus,” ujar Ketua Tim Saber Pungli Kota Tanjungpinang, Kompol Andy Rahmansyah, Senin (3/7).
Dikatakan Andy, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Walikota Tanjungpinang untuk mengawasi PPDB disetiap sekolah yang ada di Kota Tanjungpinang.
“Akan kami pantau sampai penerimaan peserta didik selesai dilakukan hingga peserta didik mulai masuk sekolah,” kata perwira dengan pangkat bunga satu dipundaknya itu.
Ia pun meminta kepada pihak sekolah, baik itu panitia penerimaan siswa baru agar bekerja sesuai aturan dan jangan melakukan pungutan liar (pungli). Untuk itu penerimaan peserta didik hendaknya dilaksanakan secara transparan.
“Jangan sampai ada pelanggaan bersifat pungli. Jika ada maka akan kami tindak tegas. Bekerjalah sesuai ketentuan dan kebijaksanaan Pemko Tanjungpinang, sehingga tidak melangkahi aturan yang ditetapkan,” ucapnya.
Andy juga berpesan kepada orang tua atau wali murid. Jika saat mendaftarkan putra ataupun putri sekolah dan menemukan adanya indikasi pungli dilakukan pihak sekolah agar melaporkan tim Saber Pungli.
“Yang jelas jika ada pungli maka akan kami proses sesuai aturan hukum yang berlaku,” pungkasnya.(ias)

Update