Jumat, 29 Maret 2024

Malaria Mulai Masuk Anambas

Berita Terkait

Bupati kepulauan Anambas Abdul Haris menjenguk pasien malaria yang dirawat di puskesmas Tarempa kemarin. F. Syahid/Batam Pos.

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas meski waspada terhadap kesehatan warga pasalnya saat ini sudah mulai ada penyakit malaria di kabupaten termuda di Kepri ini.

Senin (3/7) kemarin ada satu pasien asal Desa Tiangau Kecamatan Siantan Selatan yang terserang malaria dan harus dirawat secara intensif di ruang perawatan puskesmas Tarempa.

Melihat peristiwa ini Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, langsung mengintruksikan kepada Dinas Kesehatan untuk segera menangani permasalahan ini. Pihaknya meminta kepada Dinas Kesehatan untuk mengidentifikasi dengan baik dan segera mencari sumber permasalahan.

“Dinas kesehatan, kami minta untuk menangani masalah ini dengan baik,” ungkap Haris ketika meninjau langsung sejumlah pasien yang sedang dirawat di puskesmas Tarempa senin (3/7) kemarin.

Haris, sangat khawatir dengan keselamatan pasien tersebut karena kebetulan sedang hamil tua sehingga dikhawatirkan dapat menjangkit pada janin pasien. “Kami minta pasien ini ditangani secepatnya karena pasien ini sedang hamil,” ungkapnya.

Diakuinya jika pasien yang sedang hamil tersebut ingin melahirkan di Batam. Oleh karena itu setelah malaria bisa ditangani dan dinyatakan sembuh, dirinya meminta agar pasien tersebut dirujuk ke Batam. “Nanti kalau malarianya sudah sembuh berikan rujukan ke Batam,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan kabupaten kepulauan anambas Herianto, mengatakan setelah mendapatkan intruksi dari Bupati, pihaknya langsung melakukan tindakan antisipasi dengan mengutus petugas kesehatan untuk mengecek lokasi. Setelah itu pada hari ini Selasa (4/7) sudah ada tim untuk melakukan fogging didesa Tiangau.

“Hari ini sudah dilakukan fogging disana,” ungkapnya kemarin.

Diakuinya jika sebenarnya di Anambas ini sebenarnya tidak ada malaria. Jika ada biasanya pasien tersebut merupakan pendatang. “Malaria ini datangnya dari luar,” jelasnya. (sya)

Update