Jumat, 29 Maret 2024

DPRD Periksa Kelayakan Bus Sekolah

Berita Terkait

batampos.co.id – Ketua Komisi III DPRD Bintan, Fiven Sumanti memastikan pihaknya segera melakukan pemeriksaan kelayakan terhadap 43 bus sekolah gratis yang digunakan untuk menjemput dan mengantar seluruh siswa di Kabupaten Bintan.

Hal ini dilakukan sebagai langkah pembuktian untuk menagih janji dari pengelola bus sekolah yang akan segera memperbaiki seluruh kelengkapan bus, sehingga memenuhi standar keamanan dan kenyamanan bagi seluruh siswa.

“Mereka (pengelola bus, red)  sudah berjanji akan memperbaiki bus sekolah yang sudah ada. Selanjutnya kami juga pastikan akan periksa semua bus itu, Senin (17/7) mendatang. Tepat di hari pertama semua anak sekolah masuk,” jelas Fiven, Rabu (5/6).

Ia menegaskan dalam pemeriksaan nanti, tentunya diharapkan semua bus sekolah harus betul-betul dipersiapkan dalam kondisi yang baik.

Sebab, lanjutnya apabila diketahui masih ada bus sekolah yang bermasalah, baik dari segi mesin maupun kelengkapan administrasi untuk kelayakan jalannya, tentu tidak akan diizinkan beroperasi di jalan.

“Prioritas keselamatan siswa, tentu menjadi acuan utama yang harus diperhatikan. Kami tidak mau kecelakaan yang terjadi Kamis (18/5) lalu, di Simpang Ceruk Ijuk, Toapaya, terulang lagi,” ungkapnya.

Fiven menambahkan dalam pemeriksaan nanti, DPRD juga akan ikut memeriksa kondisi dari setiap bus kecamatan yang rencananya akan dipinjam dan digunakan untuk membantu mengangkut siswa ke sekolah.

“Kita sudah diberitahu Kadisdik akan ada penambahan bus dari beberapa kecamatan untuk membantu pengurangan overkapasitas. Sekaligus bus itu juga kami akan periksa untuk langkah antisipasi keselematan,” imbunya. (cr20)

Update