Empat Perusahaan di Batamindo Buka Lowongan Kerja

foto: cecep mulyana / batampos

batampos.co.id – Kawasan Industri Batamindo (KIB) masih tetap eksis, walau sendi-sendi perekonomian sedang goyah. Hal ini terlihat dari perusahaan-perusahaan yang bernaung di KIB terus melakukan perekrutan tenaga kerja. Walaupun jumlahnya tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

“Dalam minggu ini saja ada empat perusahaan yang buka lowongan kerja (loker),” kata¬† Manager Admin and General Affair PT Batamindo Investment Cakrawala, Tjaw Hioeng, Rabu (5/7).

Hioeng mengatakan perusahaan yang membuka loker tersebut yakni

  • PT Sumitomo,
  • PT Ciba,
  • PT Patlite
  • PT Cicor.

Untuk minggu ini, kata Hioeng yang sudah buka PT Sumitomo menerima sebanyak 65 orang dan PT Ciba sebanyak 16 orang.

“Mereka merekrut melalui penyalur, untuk Sumitomo melalui Tunaskarya dan Ciba melalui Indoyasa,” ujarnya.

Setelah dua perusahaan ini, Hioeng mengatakan minggu depannya PT Patlite dan PT Cicor yang membuka loker. Kedua perusahaan bergerak di bidang elektronik ini, juga cukup banyak merekrut karyawan.

“Jumlahnya kurang tau pasti, tapi ada,” ujar Hioeng.

Empat perusahaan yang buka ini, kata Hioeng merekrut pekerja untuk level operator. Dimana syarat-syaratnya dapat dilihat melalui  Multy Purpose Hall (MPH) di Kawasan Industri Batamindo.

Bagaimana untuk rekrutan tenaga kerja berkeahlian khusus? Hioeng mengatakan biasanya perusahaan mengumumkan melalui media massa. Sebab tenaga kerja memiliki skill, susah didapat melalui pengumuman di MPH. “Makanya butuh jangkaun yang lebih luas. Kalau gak salah di Batamposkan, setiap Sabtu ada beberapa perusahaan yang mencari tenaga kerja yang memiliki skill,” tuturnya.

Hieong mengatakan kondisi Batamindo saat ini cukup stabil, ditengah ketidakpastian perekonomian. “Walau ada yang pergi, tapi ada yang masuk. Dan ada juga perusahaan yang melakukan ekspansi,” tuturnya.

Ia optimis ekonomi Batam di semester kedua 2017, lebih baik lagi dibandingkan semester pertama. (ska)

Respon Anda?

komentar