Jumat, 29 Maret 2024

Kunjungan Wisman Terus Menurun 15,61 Persen

Berita Terkait

batampos.co.id – Jumlah Wisatawan Mencanegara yang masuk ke Kepri menurun. Penurunan ini dapat terlihat jika dibandingkan antara bulan April dan Mei.
Pada April lalu, seperti yang telah dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri terdata jumlah wisman sebanyak 179.270 kunjungan. Sementara pada Mei ini, BPS merilis jumlah wisman masuk Kepri, hanya sebanyak 151.279 kunjungan.
“Sehingga ada penurunan sebesar 15,61 persen. Penurunan yang sama juga terjadi jika dibandingkan dengan bulan Mei pada tahun sebelumnya, sebesar 12,24 persen,” ujar Kepala BPS Kepri, Panusunan Siregar, pada rilis BPS kemarin.
Secara kumulatif, sambung dia, dihitung dari Januari hingga Mei 2017, jumlah kunjungan wisman ke Kepri mencapai 801.896 kunjungan. Atau dapat dikatakan menurun sebanyak 1,37 persen jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama di tahun sebelumnya. “Yang jumlahnya mencapai 813.050 kunjungan.
Disampaikan Panusunan, meski dengan persentase sekecil apa pun, penurunan yang terus terjadi di tiap bulannya, harusnya cepat ditanggapi oleh dinas pariwisata daerah. Sehingga dapat dicegah dan mengambil langkah tanggap untuk meningkatkan dan menyempurnakan segala aksi yang dapat mendatangkan wisatawan. Baik di provinsi maupun di kabupaten dan kota. “Sesuai yang telah disampaikan pemerintah, toh Kepri ini memiliki angka target jumlah wisman. Harusnya ada kenaikan,” tutur Panusunan.
Sebagaimana yang diketahui, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Dinas pariwisata Kepri menggencarkan event untuk mendatangkan 2.2 juta wisatawan.
Adanya event sebagai salah satu alat picu mengundang wisatawan untuk mengunjungi Kepri, Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar mengaku optimis untuk mendatangkan wisatawan. Tak hanya wisatawan nusantara, namun juga utamanya wisatawan mancanegara. (aya)

Update