Kamis, 18 April 2024

Pemilik Sertifikat Prona Kini Rame-Rame Bangun Ruko

Berita Terkait

36 Anak di LPKA Terima Remisi

Putin Imbau Iran Menahan Diri

Perusahaan Wajib Prioritaskan Pencaker Lokal


batampos.co.id – Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) Program Nasional Agraria (Prona) yang diberikan pemerintah melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) dimanfaatkan pemilik Kaveling Siap Bangun (KSB) di Kecamatan Sagulung. Pemilik kaveling tak ragu-ragu lagi membangun rumah ataupun bangunan usaha seperti ruko di lokasi kaveling yang dimiliki.

Warga yang berdiam di Kelurahan Seilekop misalkan, saat ini umumnya sudah membangun rumah dengan spesifikasi yang tak kalah bagus dengan perumahan yang dikomersilkan. Bahkan, beberapa pemilik kaveling juga memanfaatkan lahan keveling mereka untuk membangun ruko ataupun tempat usaha layaknya kawasan pertokoan ataupun pusat perbelanjaan. Kondisi tersebut terlihat jelas di sepanjang jalan menuju Dapur 12 ataupun jalan menuju kawasan industri galangan kapal Seilekop.

Deretan kaveling yang berada persis di pinggir jalan semuanya sudah berubah jadi bangunan ruko atau pertokoan. Bahkan, beberapa di antaranya telah dipergunakan sebagai minimarket hingga supermarket.

“Dulu ragu-ragu mau bangun rumah yang bagus atau rumah dua lantai. Sekarang tengoklah, rumah-rumah semua sudah bagus bahkan ada yang naik sampai tiga lantai,” kata Zakirman, warga Kaveling Kamboja, Seilekop, Sagulung, Rabu (5/7).

Senada disampaikan Ridho, pemilik kaveling lainnya. Hadirnya sertifikat prona tersebut membawa perubahan besar di lingkungan tempat tinggalnya di Kaveling Seroja. Pasalnya, kaveling Seroja yang dulu dikenal sepi dan hanya dihiasi dengan bangunan rumah-rumah semi permanen, kini sudah berubah. Bangunan rumah umumnya sudah modern dengan bentuk dan gaya yang bervariasi.

Begitu juga pinggir jalan yang menghubungkan wilayah kelurahan Seilekop dan Seipelenggut juga berjejer bangunan ruko ataupun tempat usaha lainnya. Suasana jalan tak lagi sepi dan menyeramkan. Kondisi tersebut sangat membantu taraf hidup warga setempat.

Camat Sagulung Reza Khadafi mengakui adanya peningkatan kualitas hidup masyarakatnya yang telah mengantongi sertifikat prona tersebut. “Sangat positif dampaknya. Permukiman yang dulunya kumuh kini jadi bagus dan ramai. Orang tak ragu-ragu lagi jadi berlomba-lomba bangun rumah secantik mungkin,” kata Reza. (eja)

Update