Pemko Batam Tanam Ketapang Kencana sebagai Peneduh Jalan

Sejumlah kendaraan melintas di jalan Fisabililah Batamcenter yang dihiasai oleh pohon ketapang kencana, Rabu (5/7). Pemerintah Kota Batam berencana menanam sejuta pohon ketapang kencana diseluruh tepi jalan raya Batam. Selain untuk penghijauan, ketapang kencana ditanam sebagai pelindung pejalan kaki dari terik matahari. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam berencana menanam sejuta pohon ketapang kencana diseluruh tepi jalan raya Batam. Selain untuk penghijauan, ketapang kencana ditanam sebagai pelindung pejalan kaki dari terik matahari.

“Pohon ini bisa melindungi pejalan kaki dari terik matahari. Wisatawan pun bisa nyaman berjalan kaki, karena sudah ada pelindung (ketapang kencana),” terang Rudi, Rabu (5/7).

Menurut dia, penanaman pohon ketapang kencana dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini, sudah beberapa wilayah yang sudah ditanami pohon tersebut. Terutama jalan yang sudah dilakukan pelebaran seperti Nagoya, Jodoh, Seipanas dan daerah lainnya.

“Penanaman kita lakukan bertahap. Jadi jalan yang sudah diperlebar ditanami pohon ini. Jadi enak lihatnya, karena tersusun rapi,” ujar Rudi.

Sementara Kabag Humas dan Protokol Pemko Batam, Ardi Winata menjelaskan ketapang kencana adalah tumbuhan endemik Madagaskar. Namun sekarang tumbuhan ini bisa diintroduksi ke berbagai daerah tropik dengan tinggi 10 hingga 20 meter.

“Ketapang kencana ini sejenis tumbuhan peneduh. Tipikal daun tumbuhan ini kecil dan halus, sehingga ketika gugur pun tidak menyampah,” terang Ardi.

Menurut Ardi, tahun ini Pemko Batam melalui Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pertamanan (Disperkimtan) Kota Batam akan menanam 1500 pohon ketapang kencana. Penanaman dilakukan bertahap.

“Penanaman bertahap, anggaran tahun ini ada 1500 pohon yang kita tanam. Namun ada program satu juta pohon untuk tanaman ini,” pungkas Ardi. (she)

Respon Anda?

komentar