Kamis, 18 April 2024

125 Rumah Segera Dibedah Melalui APBD Bintan

Berita Terkait

Naharuddin. F.Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Kementerian Sosial (Kemensos) rampung membedah 40 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa Mantang dan Desa Kelong, Bintan. Sebanyak 125 unit rumah lainnya akan segera dibedah melalui anggaran APBD Bintan tahun 2017.

Kadis Sosial Bintan Naharuddin menyampaikan, program bedah rumah di Kabupaten Bintan dianggarkan melalui sumber APBD dan APBN. Dari APBD telah disalurkan Kemensos melalui program daerah pesisir dan terluar dan perbatasan luar negeri ke 40 unit rumah di Desa Kelong dan Desa Mantang. Di mana, masing-masing pemilik rumah telah menerima alokasi anggaran sebesar Rp 15 juta.

“Sudah selesai. Kita ambil uang tunai di Februari lalu,” kata mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Bintan.

Ia menambahkan, bantuan bedah rumah melalui APBD masih menunggu bimbingan teknis (bimtek) yang menurut rencana diadakan di aula Kantor Pemerintah Kecamatan Bintan Timur, pekan depan. Setelah bimtek, akan dilakukan penjajakan harga material. “Anggaran APBD belum ditransfer. Setelah bimtek,” kata Naharuddin.

Dari APBD Bintan 2017, Nahar menyebut, ada sebanyak 125 rumah akan direhab. Di mana, masing-masing akan menerima anggaran sebesar Rp 20 hingga Rp 25 juta. “Kita targetkan dalam waktu 3 bulan selesai. Pekerjaan sampai Desember harus selesai. Akan kita paksa selesai,” kata Naharuddin mengakhiri. (cr21)

Update