Kamis, 25 April 2024

Pelabuhan Bongkar Muat Cukup Satu

Berita Terkait

batampos.co.id – Rencana Pemkab Bintan dan Pemprov Kepri membangun dua pelabuhan bongkar muat di wilayah Tanjunguban dan Teluk Sasah dinilai tidak ada koordinasi. Karena kedua wilayah yang akan dibangun pelabuhan bongkar muat sangat dekat.

“Dua-duanya sama-sama ego akan membangun pelabuhan bongkar muat. Cukuplah satu saja dibangun. Kan lokasi Teluk Sasah dan Tanjunguban sangat dekat,” ungkap pelaku usaha perdagangan asal Tanjunguban, Indra Setiawan, kemarin.

Bila sampai rencana pembangunan pelabuhan bongkar muat terealisasi  di dua lokasi tadi menurutnya, akan mubazir. Selain menghabiskan dana miliaran rupiah, juga pengelolaan pelabuhan tidak akan maksimal seperti pembangunan pelabuhan penumpang di Seri Kuala Tanjung, Desa Teluk Sasah yang akhirnya terbengkalai.

“Pemprov dan Pemkab sebaiknya koordinasi. Rencana pembangunan pelabuhan bongkar muat harus dimatangkan. Jangan dua-duanya bangun kemudian pelabuhan yang dibangun tidak efektif penggunaanya,” kata Indra.

Sebelumnya, Pemprov Kepri berencana membangun pelabuhan bongkar muat di Tanjunguban, dengan menelan anggaran sekitar Rp 50 miliar. Pemkab Bintan sendiri juga memiliki keseriusan membangun pelabuhan bongkar muat di Teluk Sasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam yang hanya berjarak 15 kilo dari Tanjunguban. Keseriusan itu dilakukan penyerahan surat hibah lahan warga seluas 1 hektare ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. (cr21)

Update