Simak Makanan yang Bisa Picu dan Cegah Kanker

ilustrasi

Pola makan diperkirakan penyebab paling besar dari pencetus kanker yakni sekitar 30-40 persen.

Kanker payudara lebih kompleks dan tak diketahui pasti apa penyebabnya. Entah karena usia, riwayat keluargam genetik, atau gender. Namun dengan membatasi pola makan dan gaya hidup, kanker ini diyakini bisa dicegah.

Ada daftar makanan yang dapat memicu kanker payudara lebih tinggi dan ada pula daftar makanan yang bisa mencegahnya seperti dilansir dari Boldsky, Minggu (9/7).

Makanan Pemicu Kanker Payudara

Alkohol

Penelitian menyebutkan adanya korelasi yang menghubungkan antara konsumsi alkohol dan kanker payudara. Alkohol dapat meningkatkan kadar estrogen dan bisa merusak sel DNA. Perempuan yang minum tiga kali minuman alkohol dalam seminggu dapat meningkatkan risiko kanker sebanyak 15 persen.

Gula

Gula merupakan makanan yang tinggi indeks glikemiknya dan makanan tinggi gula erat korelasinya dengan risiko kanker payudara. Makanan itu bisa meningkatkan kadar gula darah dan melepaskan insulin. Saat insulin tinggi, hal itu dapat meningkatkan kadar estrogen secara bebas dan dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Daging Bakar/Panggang

Memanggang potein hewani dengan suhu tinggi dapat meningkatkan sel HCAs yang dapat bermutasi menyebabkan sel kanker. Misalnya sate atau daging panggang lainnya.

Produk Hewani Tinggi Lemak

Produk hewani tinggi lemak bisa meningkatkan kadar estrogen dan prolaktin yang mengakumulasi hormon yang dapat memicu sel kanker payudata.

Produk Susu

Produk susu yang terbuat dari susu sapi jika terlalu banyak dikonsumsi juga dapat meningkatkan hormon. Hormon ini bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Gula Buatan

Gula buatan juga dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Gula buatan dapat meningkatkan kadar insulin yang dapat meningkatkan kemungkinan kanker payudara.

Makanan yang Mengurangi Risiko Kanker

Buah dan sayuran

Tentu buah dan sayuran banyak mengandung mineral yang dapat mencegah risiko kanker payudara. Sebab keduanya mengandung antioksidan melawan sel kanker. Misalnya brokoli yang dapat menyeimbangkan kadar estrogen dan mencegah risiko kanker payudara.

Biji Wijen

Biji wijen juga mengandung asam lemak omega-3 yang mengandung antioksidan sehingga mengurangi risiko kanker.

Jamur Shiitake

Jamur ini mengandung letinan yang membantu meningkatkan kesehatan imun tubuh dan mencegah kanker payudara. (cr1/JPG)

Respon Anda?

komentar