Jumat, 19 April 2024

Ini Lima Intruksi Presiden untuk Polri

Berita Terkait

batampos.co.id – Presiden Joko Widodo memuji kinerja dan dedikasi seluruh jajaran Polri. Jokowi -panggilan kondangnya- menyampaikan apresiasinya untuk Korps Bhayangkara saat menghadiri upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Polri ke-71 di Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Senin (10/7/2017).

Jokowi dalam kesempatan itu juga memberikan lima instruksi kepada institusi yang dipimpin Jenderal Polisi Tito Karmavian. “Saya  akan memberikan instruksi kepada seluruh jajaran polri untuk terus meningkatkan kinerjanya,” ujar Jokowi.

Pertama, Jokowi menginstruksikan Polri memperbaiki manajemen internal guna menekan budaya negatif seperti korupsi, penggunaan kekerasan berlebihan dan arogansi kewenangan.  “Kedua, mantapkan soliditas internal dan profesionalisme Polri guna mendukung terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian,” tutur Jokowi.

Ketiga, Jokowi memerintahkan Polri mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik. Keempat, Polri haris meningkatkan kesiapsiagaan operasional melalui upaya deteksi dini dan deteksi aksi dengan strategi profesional proaktif.

Dengan demikian, Polri tetap dapat lincah bertindak dalam menghadapi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat. Kelima, Jokowi memerintahkan Polri meningkatkan kerja sama koordinasi dan komunikasi dengan semua elemen, baik pemerintah, masyarakat serta kolega internasional sebagai impelementasi kedekatan dan sinergi polisional guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

“Saya selaku kepala negara tetap berkomitmen untuk mendukung terbentuknya Polri yang kuat, kokoh dan profesional. Supaya tugas Polri dalam menjaga stabilitas kamtibmas penegakan hukum, sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat dapat dilaksanakan secara optimal,” pungkasnya.(fat/jpnn)

Update