Menjaring Wisman Malaysia melalui MATTA Fair Johor Bahru 2017

“Malaysia adalah pasar potensial bagi pariwisata Indonesia. Selain dekat secara geografis, Malaysia juga dekat secara budaya. Sama-sama rumpun Melayu,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta

Olehkarena itu adalah penting bagi Wonderful Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan MATTA Fair Johor Bahru 2017 yang akan dilaksanakan 4-6 Agustus 2017 di Danga Expo City Mall, Johor Bahru, Malaysia.

Kali ini Indonesia akan menawarkan banyak destinasi dan jenis wisata seperti Bahari, Budaya, Belanja, Golf dan lainnya.

Apa saja yang akan dipamerkan di ajang tersebut ? Deputi Pemasaran Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana didampingi Asisten Deputi Pasar Asia Tenggara Rizki Handayani mengatakan, wisatawan yang hadir di acara tersebut akan diiming-iming berjemur di pantai yang unik di Lombok, menikmati warisan budaya yang termasuk dalam Situs Warisan budaya UNESCO Candi Borobudur dan Candi Prambanan di Jawa Tengah.

Juga belanja dengan harga yang istimewa di Jakarta dan Bandung, bermain golf yang menantang dengan harga yang terjangkau namun berkelas internasional di Kepri Riau, spa yang mengagumkan dengan perawatan kesehatan dan kecantikan secara tradisional di Bali, dan secara keseluruhan, negara dengan 13.000 pulau ini menawarkan lingkungan yang ramah dan welcome.

“Itu lah wonderful Indonesia. Semuanya ada. Indonesia memiliki begitu banyak hal untuk ditawarkan oleh karena itu akan memaksimalkan partisipasinya kembali pada MATTA Fair Johor Bahru, Agustus 2017. Seiring dengan semakin meningkatnya permintaan atas keragaman aktivitas yang ingin dinikmati oleh Wisman selama berada di Indonesia,” ujar Pitana yang juga diamini Rizki.

Rizki menambahkan, pada partisipasi tahun ini, Booth Indonesia yang terletak di Ground Floor #015-13 & 044-046, akan menampilkan keragaman destinasi wisata Indonesia. Kementerian di bawah komando Arief Yahya itu membawa delegasi yang akan aktif berpartisipasi terdiri dari 12 industri yang berasal dari destinasi pariwisata utama di Indonesia diantaranya DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Bali, Sumatera Utara, Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Sulawsi Utara, dan Kepri.

“Selain itu ada 12 agen lokal Malaysia yang menjadi partner untuk melakukan penjualan langsung dan bersama-sama mempromosikan pariwisata Indonesia. Seluruh industri tersebut akan memenuhi keperluan konsumen dari Malaysia terkait paket pariwisata ke Indonesia. Apabila Wisman Malaysia melakukan pembelian paket wisata dari agen perjalanan lokal, kami telah menyiapkan hadiah spesial pada counter penukaran hadiah,” ungkap wanita yang biasa disebut Kiki itu.

Untuk acara yang berlangsung selama tiga hari ini, telah disiapkan pula berbagai aktivitas menarik yang dapat anda nikmati apabila mengunjungi booth Indonesia antara lain Peta Digital Interaktif, Coffee dan Refreshment Corner, Games, Gift Redemption, serta penampilan tari tradisional Indonesia dari Tim Wonderful Indonesia.

“Terdapat juga counter pelayanan informasi yang dapat membantu anda memperoleh berbagai informasi Pariwisata Indonesia yang dilengkapi dengan brosur tentang destinasi-destinasi wisata Indonesia,” ujar Rizki menambahkan.

Untuk melihat cuplikan dari seluruh keindahan Indonesia tersebut, datang dan kunjungi booth Indonesia di Ground Floor #015-13 & 044-046, Danga Expo City Mall, Johor Bahru – Malaysia.

Seperti diketahui, untuk tahun 2017, pemerintah sudah mematok target kontribusi Pariwisata terhadap perekonomian (PDB) nasional sebesar 13 persen, devisa yang dihasilkan sebesar Rp 200 triliun, penyerapan tenaga kerja sebanyak 12 juta, jumlah kunjungan wisman 15 juta dan pergerakan wisnus 265 juta, serta indeks daya saing (WEF) berada di ranking 40 meningkat dari posisi saat ini di ranking 50 dunia.

MATTA Fair 2017, merupakan momentum yang paling potensial untuk menjaring lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia terutama dari Malaysia. Pada tahun 2017, Kemenpar menargetkan mampu menjaring wisman Malaysia sebesar 1.772.000 juta orang, dimana sebelumnya tahun 2016 sebanyak 1.225.458.

Menteri Pariwisata Arief Yahya selalu mengatakan bahwa Malaysia itu ibarat tokoh antagonis dalam sinetron. Jauh dicari, dekat dibenci. Peran itu akan selalu dibutuhkan sebagai lawan untuk bersaing, juga diperlukan sebagai kawan untuk mengembangkan pasar bersama.

“Kami bersaing dalam achievement, mengejar capaian turism. Tapi kami juga bekerjasama dalam berbagai travel mart, termasuk di Matta,” ujar Menpar Arief Yahya di Jakarta. Contohnya saja di ITB Berlin, pemasaran bersama kawasan ASEAN dilangsungkan di booth nya Malaysia, atau Di MATTA Fair 2017.

Dimana disana akan menjadi tempat berkumpulnya pasar pariwisata Malaysia di Kuala Lumpur, Wonderful Indonesia juga akan selalu tampil. “Bukan hanya di MATTA 2017, di beberapa kota di Malaysia, kami juga hadir, karena Malaysia adalah pasar utama kami,” ungkap Arief Yahya.

Indonesia akan memaksimalkan keikutsertaan dalam Matta Fair 2016 di Kuala Lumpur dengan menawarkan obyek wisata di sejumlah daerah sebagai destinasi liburan yang menarik untuk dikunjungi. (*)

Respon Anda?

komentar