Kamis, 25 April 2024

Meriah, Peringatan HUT ke 71 Bhayangkara di Kepri

Berita Terkait

batampos.co.id – Polda Kepri merayakan HUT Bhayangkara ke 71 di Dataran Engku Putri, Senin (10/7). Pada HUT Bhayangkara kali ini, Polda Kepri mengusung tema “lebih dekat dengan masyarakat”.

“Tema ini,sesuai dengan arahan Kapolri,” kata Kapolda Kepri Irjen Pol, Sam Budigusdian, Senin (10/7).

Tak hanya itu saja, Sam mengatakan Kapolri meminta jajaran Polda Kepri untuk bisa lebih dekat dengan berbagai instansi lainnya yang ada di Kepulauan Riau. Arahan ini demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan mandiri.

“Makanya di upacara peringatan kali ini, kami mengundang berbagai perwakilan eleman masyarakat,” ucap Sam.

Ia mengatakan pihak kepolisian akan menjalin sinergitas dengan berbagai pihak. Sehingga dapat menciptakan kondusifitas, agar semua orang dapat bekerja dan berusaha dengan baik dalam berbagai bidang.

Upacara HUT Bhayangkara ke 72 tersebut, dipimpin oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. Dalam pidatonya, ia menyampaikan amanat dari Presiden RI, Joko Widodo.

“Saya berterimakasih kepada Polri, yang dapat membuat harga sembako stabil saat Ramadan, lalu menurunkan angka lakalantas,” tuturnya.

Dalam amanat tersebut, Jokowi mengapresiasi penanganan terorisme yang sudah dilakukan Polri selama ini. Dan juga pengamanan dan keamanan selama Pilkada serentak beberapa waktu lalu.

“Jangan korupsi, arogansi serta perbaiki internal Polri. Dan optimalkan penggunaan teknologi di tubuh Polri serta mendeteksi dini aksi-aksi yang menganggu ketertiban dan keamanan,” ujarnya.

Upacara ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kepri, Danlantamal, Dandrem, Walikota Batam, serta pengusaha dan tokoh-tokoh masyarakat di Kepri.

Kapolda Berikan Ratusan Penghargaan

Kapolda Kepri memberikan penghargaan kepada Gubernur Kepri Nurdin Basirun usai upacara peringatan HUT Nhayangkara di Dataran Engku Putri Batamcenter, Senin (10/7). F Cecep Mulyana/Batam Pos

Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian memberikan penghargaan kepada instansi pemerintah, lembaga negara, organisasi masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda yang berkontribusi dalam menjaga keamanan di Kepri. Selain itu juga diberikan penghargaan kepada personel Polda Kepri yang berprestasi.

Penghargaan ini diberikan pada saat peringatan HUT Bhayangkara ke 71 di Dataran Engku Putri, Senin (10/7). “Mereka adalah tokoh-tokoh yang akti dalam membantu dan mendukung tugas polisi,” kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol, Erlangga.

Penghargaan ini diberikan kepadaa Gubernur Kepri Nurdin Basyirun, ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Danrem 033/WP Brigjen TNI Fachri, Kabinda Provinsi Kepri Brigjen TNI Yulius Selvanus, Danlantamal IV Laksamana Pertama Ribut Eko Suyatno, Kajati Kepri Yunan Harjaka, Danlanud Kepri Kolonel PNB. IGN Wahyu Anggono, dan Ketua Ombudsman Kepri Yusron Roni.

Lalu penghargaan atas sinergitas diberbagai bidang dengan kepolisian yakni kepada Kepala Bank Indonesia Kepri Gusti Raizal Eka Putra, Kanwil Khusus DBJC Kepri Parjiya, Kepala Pangkalan PSDKP Batam Slamet, dan Rektor Universitas Batam Novirman Jamarun.

Penghargaan juga diberikan kepada Walikota Batam Muhammad Rudi, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris dan Kepala BPN Batam Asnaedi. Erlangga mengatakan nama-nama diatas diberikan karena membantu Polri dalam memelihara Kambtibmas dan penegakan hukum.

“Tak hanya masyarakat umum saja, tapi juga anggota Polri,” ujar Erlangga.

Anggota Polri yang diberikan penghargaan atas tugas kerjasama Internasional di kawasan ASEAN serta pembinaan dan operasional di Polda Kepri yakni Kombes Hirbak Wahyu Setiawan (Atase Polri Singapura), AKB Wino Sumarno (Stafnis Pol Johor Bahru) Brigadir Dipo Patria (Pasukan perdamaian PBB), AKBP Bubung Pramiadi (Satgas BNNP Kepri), Iptu Supriadi (Apresiasi dibidang pembinaan), dan Iptu Yudi (apresiasi dibidang opsnal).

“Ada sekitar 212 anggota Polri lainnya, yang mendapatkan penghargaan tersebut,” ujarnya. (ska)

Update