Kamis, 25 April 2024

1.700 Turis Cina Kunjungi Batam

Berita Terkait

Sejumlah turis memadati pintu kedatangan Pelabuhan Ferry Internasional Sekupang, Sabtu (8/7).  F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 1.700 turis asal Provinsi Chang Sa, Cina, dipastikan akan mengunjungi Batam dalam rentang waktu Juli-September tahun ini. Mereka akan dibagi dalam delapan trip. Satu trip terdiri dari 212 orang.

“Tanggal 13 Juli saat subuh, trip pertama akan sampai di Batam,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Pebrialin, Senin (10/7).

Ia menyampaikan, para turis tersebut akan terbang langsung dari Cina ke Bandara Hang Nadim, Batam. Sesampainya di bandara, mereka akan disambut dengan tari persembahan khas Melayu.

“Ini kunjungan pertama. Kami ingin memberikan kesan yang baik,” kata Pebrialin.

Setiap rombongan turis Cina ini akan menginap dua malam di Batam. Di hari pertama di Batam, mereka akan mengunjungi beberapa spot wisata andalan Batam, antara lain klenteng di Windsor, Baloi, dan Vihara Maha Vihara Maitreya.

Di hari kedua, para turis akan melakukan kunjungan wisata ke Malaysia dan Singapura. Namun mereka akan kembali dan menginap lagi di Batam.

“Baru keesokan harinya jalan-jalan lagi dan sorenya balik ke Cina,” paparnya.

Destinasi wisata lain di Batam yang akan diperkenalkan kepada turis asal Negeri Tirai Bambu itu antara lain Jembatan Barelang. Selain itu, mereka akan dibawa ke sejumlah pusat perbelanjaan di Batam.

“Ini kesempatan memperkenalkan wisata kita kepada mereka,” kata Pebrialin lagi.

Ditanya lokasi penginapan, Pebrialin mengatakan setiap rombongan yang terdiri dari 212 turis akan menginap di lima hotel yang berbeda. Pebrialin berharap pihak hotel memberikan pelayanan terbaik mereka kepada para turis.

“Kalau layanan baik, hotel juga yang dapat untung,” imbuhnya.

Pebrialin mengatakan, dari Cina para turis tersebut menyewa pesawat. Karena itu, dia berharap ke depan pemerintah mulai memikirkan membuka penerbangan reguler dari Cina ke Batam.

“Saat ini mereka flight carter pesawat Lion Air,” katanya. (cr13)

Update