Kapolres Karimun, AKBP Agus Fajaruddin bersama istri dan Bupati Karimun, Aunur Rafiq berpasangan dengan Dandim 0317 Letkol Inf Artha ikut memeriahkan permainan pesta rakyat. F.Sandi/Batam Pos.

batampos.co.id – Ada yang berbeda pada saat Polres Karimun menggelar peringatan puncak HUT ke-71 Bhayangkara, Senin (10/7).

Iklan

Upacara peringatan tidak dilaksanakan di Mapolres Karimun seperti tahun-tahun sebelumnya, melainkan di Panggung Rakyat Putri Kemuning Coastal Area. Peringatan HUT ke-71 Bhayangkara ini dipimpin Bupati Karimun, Aunur Rafiq selaku inspektur upacara. Dan, sore harinya pukul 16.00 WIB digelar pesta rakyat yang menampilkan berbagai macam permainan rakyat.

”Untuk pertama kalinya peringatan HUT Bhayangkara kali ini tidak saja melaksanakan upacara yang melibatkan instansi pemerintah. Tapi, juga kita menggelar pesta rakyat dengan mengadakan berbagai macam permainan rakyat. Seperti panjat pinang, lomba lari karung, tarik tambang serta lomba joget balon. Selain itu, kita juga menyiapkan door prize untuk masyarakat yang hadir,” ujar Kapolres Karimun, AKBP Agus Fajaruddin.

Dilaksanakannya pesta rakyat bertepatan dengan HUT Bhayangkara, kata Kapolres, bertujuan untuk lebih mendekatkan diri antara Polri dengan masyarakat. Hal ini sebagai salah satu bentuk sinergitas Polri dengan masyarakat dalam menjaga situasi daerah ini tetap dalam konusifitas. Apalagi, diketahui kekuatan terbesar dalam suatu daewrah untuk menjaga kondusifitas bukan hanya aparat, tapi masyarakat.

”Untuk itu, menjaga kondusifitas adalah tugas kita antara aparat dengan masyarakat. Bahkan, selama bertugas di Karimun saya lebih sering berada di luar kantor untuk bertemu dengan masyarakat. Baik di kedai kopi atau di masjid. Tujuannya, tidak lain untuk menangkal radikalisme di daerash kita. Apalagi, saya menganggap sebagai pimpinan Polres Karimun bukan merupakan hal yang ekklusif atau susah ditemui. Kapan saja masyarakat bisa menemuis saya,” paparnya.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq secara terpisah menyatakan apresiasinya kepada jajaran Polres Karimun mengingat dalam setahun terakhir banyak kegiatan pengamanan yang dilakukan.

”Pengamanan yang dilaksanakan penuh dengan rasa tangggung jawab. Selain itu, saya melihat sinergitas antara Polri dengan masyarakat sudah sangat terjalin. Hal ini tidak saja dibuktikan dengan adanya deklarasi anti radikalisme, tapi pimpinan Polres Karimun terjun langsung ke lapangan,” jelasnya. (san)