Iklan

batampos.co.id – Badan Meteorologi Geofisika dan Meteorologi (BMKG) Ranai mengimbau hati-hati dengan kondisi cuaca buruk di wilayah Natuna.

Iklan

Perakirawan BMKG Ranai Asrul Saparudin mengatakan, masyarakat agar waspada awan gelap dan tebal, karna dapat menimbulkan hujan lebat, guntur disertai petir dan angin kencang.

“Cuaca tersebut, dapat menyebabkan terjadinya gelombang laut tinggi secara tiba-tiba,” kata Asrul, Senin (10/7).

Saat ini, rata-rata wilayah Natuna terjadi hujan ringan, pagi hingga sore dan malam.Secara umum kondisi awan rendah dan menengah masih cukup banyak pada siang dan sore hari, menyebabkan potensi hujan bersifat lokal dan kadang disertai Guntur dan petir di wilayah Natuna. Sementara angin bertiup dari Selatan menuju Barat Daya. Dengan ketinggian gelombang 0,75 meter.

“Tapi Gelombang maksimum dapat dua kali lipat tinggi gelombang normal saat ini, terutama pada saat terjadinya awan cumulonimbus,”ujar Asrul.

Arianto warga Kecamatan Bunguran Tengah mengaku sudah satu Minggu terakhir curah hujan cukup tinggi dan disertai petir. Menurutnya, warga cemas, jika hujan terus menerus akan menyebabkan petani gagal panen.

“Warga sudah cemas, hujannya udah seminggu terus menerus. Warga juga tak bisa ke ladang, hama juga akan sulit diatasi,” ujarnya.(arn)