Sabtu, 20 April 2024

Bintan Siap Luncurkan Layanan Klik Pariwisata 

Berita Terkait

Pasir putih ini daya tarik utama wisatawan yang berlibur di Lagoi. Foto: Yuliana Dewi/batampos.
batampos.co.id – Pemkab Bintan, melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Bintan, siap meluncurkan program layanan Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) di sektor bidang pariwisata di Kabupaten Bintan.
Ini dilakukan sebagai upaya untuk memudahkan para investor yang ingin menanamkan modal usaha untuk mengembangkan pariwisata di Bintan.
Salah satunya di Kawasan wisata Lagoi, dimana seluruh kelengkapan syarat untuk pengajuan permohonan kemudahan layanan KLIK pariwisata sudah diserahkan kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Pusat.
“Pengajuan sudah diserahkan Akhir Maret lalu ke pusat, tinggal tunggu keputusan dari BKPM yang juga disingkronkan dengan Kementerian Pariwisata untuk segera menyetujui agar fasilitas KLIK ini bisa langsung dimanfaatkan oleh investor Lagoi,” jelas Kepala Bidang Perizinan DPMPTSPTK, Bintan, Alfeni Harmi, Selasa (11/6).
Tak hanya itu, lanjutnya keputusan penetapan kemudahan KLIK ini juga akan disejalankan bersama dengan beberapa daerah yang sudah ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata baru oleh Kementerian Pariwisata, yang tentunya akan diperjuangkan bersama demi meningkatkan pariwisata di Indonesia.
“Peluncuran KLIK ini rencananya akan di satukan bersama dengan daerah lain yang turut ikut serta mengembangkan kemajuan pariwisata Indonesia. Untuk itu prosesnya agak lama, karena harus menunggu yang lain selesai,” terangnya.
Alfeni menjelaskan dengan adanya kemudahan KLIK ini, tentunya akan memudahkan investor mendapatkan fasilitas berupa bisa langsung membangun konstruksi bangunan, seperti hotel atau pun resort yang mendukung pariwisata tanpa harus menunggu semua persyaratan lengkap.
“Keunggulannya sembari mengurus segala persyaratan yang harus di penuhi, bangunan bisa langsung dibangun. Jadi semuanya sejalan dan prosesnya juga cepat. Sekaligus juga untuk barang import yang masuk dari luar juga tidak dikenakan biaya, alias gratis. Seperti segala keperluan hotel dan resort,” tuturnya.
Menurutnya peluang bagi Kawasan Lagoi untuk bisa mendapatkan layanan kemudahan KLIK ini tentunya sangat besar. Hal ini didukung dengan semua kriteria persyaratan yang diajukan sudah lengkap terpenuhi diantaranya, ada pengelola kawasan, ada pemilik lahan, memiliki izin AMDAL, serta perizinan lain yang sudah tercantum di (DPMPTSPTK).
“Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa dilaunching. Karena ini merupakan program tahun ini, diperkirakan sebelum akhir tahun nanti sudah bisa diluncurkan bersama dengan daerah lainnya,” harapnya.
Untuk diketahui, program layanan Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) adalah sebuah layanan investasi yang dicetuskan oleh pihak BKPM, yakni sebuah program layanan di sebuah kawasan dengan sistem pembangunan yang bisa dilakukan langsung pararel dengan penerusan adminsitrasi perijinan dari tiap-tiap pengambang bersama instansi terkait.
Layanan ini, sebagai salah satu kemudahan yang nantinya bisa didapatkan saat menginvestasikan modalnya di kawasan KLIK. (cr20)

Update