Jumat, 29 Maret 2024

King of King, Durian Asli Bintan Digemari Turis

Berita Terkait

Penjual sedang melayani pembeli dari Tanjungpinang, yang memilih durian King of King di Pondok, di Lintas Barat, arah Tanjunguban, Selasa (11/7) kemarin.

batampos.co.id – Pulau Bintan diincar turis bukan hanya karena panorama wisata
di Lagoi dan Trikora. King of King, durian asli Bintan kini pun menjadi incaran turis.

“Tiap weekend, banyak turis asal Singapura, Korea, Jepang dan paling banyak dari Cina singgah di pondok kami, untuk mencicipi durian King of King Bintan,” ujar Ameng pemilik pondok King of King, Selasa (11/7).

Durian asli Bintan ini, menurutnya sangat langka. Pohon durian King of King, sudah berusia ratusan tahun dan tingginya, tidak setinggi pohon durian lainnya. Selain itu rasa serta aroma durian King of King Bintan sangat beda dari varietas durian lain seperti durian tambang, mentega dan lainnya. “Rasanya ada pahit, manis dan dagingnya tebal,” ungkap Ameng.

Tidak heran apabila harga durian King of King asli Bintan selangit. Dia menyebut, durian King of King Bintan seharga Rp 120 hingga Rp 150 per kilo. “Kalau durian lain, seperti durian Tambang dan Mentega berkisar Rp 40-90 ribu per kilo,” katanya.

Pria asli Bintan Buyu ini menambahkan saat ini, per hari, dia mampu menjual sekitar 700 kilo durian. Bila ramai seperti akhir pekan, pondoknya mampu menjual hingga 1 ton durian.

“Bukan hanya king of king, tapi varietas lainnya. Tahun ini, pasokan durian sedikit dari Sekuning, tapi banyak dari Gesek dan Wacopek,” tukasnya.

Seorang warga Tanjungpinang, yang kebetulan berada di pondok tersebut mengatakan, dirinya memang sudah menjadi langganan durian King of King Bintan. “Kalau mau cari durian King, seperti durian Musang King ya di sini,” sebutnya. (cr21)

Update