Hanggar pesawat lion air di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sudah beroperasi dan sudah difungsikan untuk perawatan pesawat. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – MRO (Maintenance, Repair, and Overhaul) Lion Air Grup, Batam Aero Technic (BAT) berhasil mendapatkan pengakuan atas penyedia fasilitas perawatan dan perbaikan, serta perombakan pesawat terbang dari otoritas udara Amerika, FAA (Federal Aviation Administration). Sebelumnya BAT sudah mengantongi izin untuk perbaikan pesawat Malaysia dan Thailand.

BAT yang beroperasi di Bandara Internasional Hang Nadim, telah berhasil menyelesaikan audit managemen keselamatan dan keamanan yang diberikan FAA.

“Saat ini kami memiliki sertifikasi dan spesifikasi operasi FAA 145,” kata Direktur Utama Batam Aero Technic, I Nyoman Rai Pering, Selasa (11/7).

Ia mengatakan auditor dari Federal Aviation Administration yaitu Art J Muzzicato dan Frank Baker merasa sangat puas. Karena BAT dapat melewati serta menyelesaikan kunjungan inspeksi dari FAA yang melingkupi seputar operasionalnya dalam hal mainternance, repair, dan overhaul.

Hal ini dapat membuat Batam Aero Technic menjadi pusat perawatan dan perbaikan pesawat udara dengan standard dan kelas internasional untuk tipe pesawat Boeing 737, serta menjadi sarana dan fasilitas yang mencapai Heavy Maintenance Visits (HMV).

Pering menambahkan bahwa Batam Aero Technic akan terus melanjutkan kemajuan, dalam hal praktik keselamatan dan perawatan penerbangan yang mencakup perbaikan mesin dan jenis armada pesawat lainnya. Untuk memberikan layanan Maintenance, Repair, dan OveerhaulĀ  kelas dunia bagi pelanggan Batam Aero Technic dalam waktu dekat.

“Sertifikasi FAA adalah tanda pengakuan global bahwa sebuah usaha MRO dapat memenuhi syarat untuk melakukan perawatan, perbaikan dan perombakan di kompleks pesawat sipil,” tutur Pering.

Batam Aero Technic, kata Pering sangat bangga dan terhormat menerima kepercayaan FAA.

Pihak otoritas penerbangan Amerika Serikat itu kagum dengan kemampuan sumber daya manusia BAT yang memenuhi standar peraturan dan keselamatan, merupakan faktor terpenting bagi pemegang saham utama MRO Lion Grup yaitu para pelanggannya.

Seperti yang diketahui bahwa Batam Aero Technic mulai beroperasi pada tahun 2014 sebagai pusat perawatan dan perbaikan meliputi Aircraft Service, Engine Service, Landing Gear Service, dan Component Service, yang dibangun oleh Lion Air Grup diatas lahan seluas 4 haktare.

Hingga saat ini hanggar BAT dapat menampung 12 pesawat narrow body dan 4 pesawat wide body secara bersamaan. MRO yang berada di bawah naungan Lion Air Grup ini dapat mengakomodasi beberapa tipe pesawat seperti Boeing 737-300/400/500/600/700/800/900, ATR 72-500/600, dan DHC 8. Kedepannya BAT juga akan mampu melayani pesawat dengan tipe A320 NEO dan CEO, A330, Boeing 737 MAX, dan Eurocopter E3135. (ska)

Respon Anda?

komentar