Kamis, 25 April 2024

Batam Terbangkan 598 Jamaah Calon Haji, Tahun Ini

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Sebanyak 400 jamaah calon haji asal Kepulauan Riau (Kepri) akan diberangkatkan menuju Arab Saudi, Selasa (1/8) mendatang. Jamaah direncanakan mulai memasuki asrama haji pada Senin (31/7), satu hari sebelum keberangkatan.

Ketua Bagian Haji, Kemenag Batam, Nabhan mengatakan 35 jamaah calon haji asal Batam masuk dalam kelompok terbang (kloter) pertama, 400 pada kloter 19 dan sisanya sebanyak 163 orang diberangkatkan pada kloter terakhir yakni kloter 27, total keseluruhan terdapat 598 calon jamaah haji asal Batam yang akan berangkat haji tahun ini.

“Untuk jamaah asal Batam akan diberangkatkan pada tiga kloter yang tergabung dengan jamaah lainnya,” kata Nabhan, Rabu (12/7).

Berbagai persiapan telah dilakukan untuk menghadapi musim haji tahun ini diantarnya manasik haji, hingga pemerikasaan kesehatan jamaah calon haji. Dia menambahkan yang tidak kalah penting ada kelengkapan dokumen calon jamaah haji seperti paspor dan visa.

“Semua paspor sudah kita kirim ke kanwil untuk dilanjutkan pusat sebagai salah satu persyaratan pengurusan visa di Kedubes Arab Saudi,” terangnya.

Dia berharap pengurusan visa kali ini bisa berjalan dengan lancar dan tidak mengalami sedikitpun masalah. Pihaknya menargetkan sebelum keberangkatan visa jamaah sudah selesai.

“Jangan sampai kejadian tahun lalu terjadi lagi, kita inginnya semua paspor dan visa sudah dikirim kembali sebelum keberangkatan,” ujar pria yang pernah menjabat ketua Bina Islam ini.

Untuk maskapai penerbangan jamaah calon haji masih menggunakan dua maskapai yakni Garuda  dan Saudi Arabia Airlines. (cr17)

Update