Kapal MT. Zaleha yang diluncurkan di galangan kapal PT. Bandar Abadi, Tanjunguncang, Batuaji, Rabu (12/7). F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id– PT Bandar Abadi Batam meluncurkan kapal tanker minyak MT Zaleha H- 289 pesanan PT Pelayaran Umum Indonesia (Pelumin), Rabu (12/7) siang. Kapal tanker yang sudah dikerjakan sejak 2016 silam tersebut diluncurkan di kawasan galangan PT Bandar Abadi di Tanjunguncang, Batuaji dan disaksikan langsung oleh Komisari PT Pelumin Andara Sutowo, Kepala BP Batam Hatanto Reskdiputro, Perwakilan Kakanpel serta pihak kepolisian setempat.

Komisaris PT Bandar Abadi Amran Tan dalam sambutannya mengaku, cukup berbahagia dengan luncurnya kapal tersebut. Itu karena amanah dari PT Pelumin yang dititipkan ke PT Bandar Abadi telah dikerjakan secara baik dan bahkan rampung lebih awal dari jadwal pengerjaan yang disepakati.

“Sesuai kesepakatan awal, seharusnya Agustus nanti baru dilounching, tapi karena kami selesaikan lebih awal jadi lounching juga dilakukan lebih awal. Ini sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami,” ujar Amran.

Kapal tersebut kata Amran, dipesan pada Agutus tahun 2016 lalu dan sesuai kesepakatan awal seharusnya Agutus 2017 nanti baru rampung. Namun untuk menjaga kepercayaan pemesan sesuai komitmen perusahaanya, sambung Amran, kapal tersebut memang sengaja diselesaikan lebih awal.

“Meskipun lebih cepat rampung namun untuk kualitas tetap nomor satu. Kapal ini dikerjakan dengan baik sesuai spek yang ada,” kata Amran.

Direktur PT Bandar Abadi Maslina Simajuntak menambahkan kapal tengker tersebut dibangun dengan spesifikasi yang sangat baik diantaranya berbahan plat baja dari Ukraina dan diperkuat dengan mesin dari Myanmar.

“Panjang kapal 65 meter, lebar 15 meter dengan daya tampung (BBM) 150 ton,” kata Maslina.

Andara Sutowo di lokasi yang sama menyambut baik atas rampungnya pengerjaan kapal pesanan mereka tersebut. Dia berharapa agar kapal yang sudah diluncurkan tersebut bisa menjadi kapal andalan di perusahaan mereka.

“Sebab pengadaan kapal ini untuk mendukung armada-armada kapal di perusahaan kami yang umumnya sudah usia tua. Jadi kami sangat berharap agar kapal ini bisa diandalkan nantinya,” ujarnya.

Kapal tersebut rencananya akan menjadi kapal penyuplay BBM di perusahaan mereka dengan menggandeng pihak Pertamina sebagai patner kerja.

Kapal MT. Zaleha yang diluncurkan di galangan kapal PT. Bandar Abadi, Tanjunguncang, Batuaji, Rabu (12/7). F. Dalil Harahap/Batam Pos

“Kepada PT Bandar Abadi kami ucapkan terima kasih atas rampungnya kapal ini, dan kami berharap agar tetap menjadi yang terbaik dengan mengutamakan kualitas hasi produksi yang bisa diandalkan,” ujar Andara.

Senada disampaikan kepala BP Batam Hartanto yang berharap agar semua pelaku industri galangan kapal di Batam tetap memberikan hasil produksi yang berkualitas agar bisa terus bersaing baik di skala nasional ataupun Internasional.

“Ini suatu kebanggaan bagi saya, yang mana ditengah lesuhnya dunia industri galangan kapal di Batam ternyata masih ada perusahaan galangan seperti Bandar Abadi yang masih bisa bersaing. Ini harus dipertahankan agar tetap dipercaya kedepannya,” ujar Hartanto.

Mengenai lesuhnya industri galangan kapal yang dirasakan oleh perusahan galangan kapal di Batam, Hartanto mengaku pihaknya tengah berupaya keras untuk mengatasi persoalan tersebut.

“Kami bersama Pemko (Batam) tengah memikirkan masalah ini. Semoga secepatnya dapat solusi agar bisa kembali menggeliat (industri galangan kapal di Batam),” ujarnya. (eja)

Respon Anda?

komentar