Sabtu, 20 April 2024

Batam Bisa Jadi Pintu Masuk Pariwisata ke Indonesia

Berita Terkait

Turis asal Negara Cina tiba di Bandara Hang Nadim Batam, Kamis (13/7). Lebih kurang dua ratusan turis asal china ini melakukan kunjungan wisata ke Batam. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Batam bisa menjadi pintu masuk Pariwisata Indonesia. Sudah diketahui Batam sudah memulainya dengan banyaknya masuk turis asal Singapura. Tak hanya sekedar berbelanja atau menikmati destinasi wisata di Batam saja, kadang mereka juga menyebrang ke beberapa daerah lainnya seperti Kepri.

Diharapkan tak hanya turis Singapura saja yang menjadikan Batam pintu masuk pariwisata Indonesia.

“Ini langkah awal yang bagus, dengan masuknya turis asal China,” kata Direktur Humas BP Batam, Andi Antono, Kamis (13/7).

Ia mengatakan dengan bantuan kabar dari mulut ke mulut, ataupun promosi yang dilakukan pihak Pemerintah dan pelaku pariwista. Tak menutup kemungkinan, penerbangan carter sebanyak 8 kali dari China ke Batam, jadi rute tetap.

“Dan bisa menyusul daerah lainnya,” ujarnya.

Ia mengatakan saat masuk ke Batam, agen tur dan travel bisa menawarkan para turis untun menikmati destinasi eksotis dan menarik di daerah lain seperti Bintan, Anambas dan Natuna. “Atau di luar provinsi, mereka ingin ke Danau Toba. Sudah ada penerbang juga ke Silangit,” ucapnya.

Batam jadi pintu masuk pariwisata Indonesia ini, kata Andi sangat didukung dengan fasilitas yang lengkap dan mumpuni. Ia menuturkan Batam mempunyai bandara dengan landasan pacu yang terpanjang. Sehingga bisa menampung pesawat berbodi sedang atau besar.

Ketua ASITA Kepri, Andika sangat mendukung dan menyambut baik hal ini. Ia menuturkan turis ke Batam paling banyak itu dari Singapura, China, dan Korea. Bila semua pihak giat mengembang dan menggenjot roda pariwisata Batam, maka hal ini bisa terwujud.

Karena Indonesia diberkahi dengan alam yang indah dan menawan. “Nantinya bisa jadi dari Myanmar atau India juga yang akan datang ke sini,” ucapnya. (ska)

Update