Duh…Urus KK Dua Bulan Tak Selesai

Warga Batam membludak saat mengurus kartu tanda penduduk dan kartu keluarga di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Sekupang. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Hampir dua bulan lamanya, Ria Safitri, warga Perumahan Permata Hijau, Sagulung tidak bisa berurusan dengan pihak BPJS. Sebab, Kartu Keluarga (KK) yang menjadi salah satu dokumen persyaratan pembuatan kartu BPJS tak kunjung ia terima. Padahal, ia telah mengajukan berkas pembuatan KK itu sejak Mei lalu di Kecamatan Batuaji. Di sisi lain, ia mengaku sangat membutuhkan pelayanan BPJS dalam waktu dekat.

“Bulan depan perkiraan saya sudah melahirkan. Jadi bulan ini KK atau surat keterangan pengganti KK harus bisa selesai,” kata Ria di Kantor Kecamatan Sagulung, Kamis (13/7/2017).

Ria pun harus kembali mendatangi kantor Kecamatan Sagulung minggu depan. Pihak kecamatan menjanjikan kartu KK-nya selesai Senin depan.

“Dari bulan Mei lalu saya dijanjikan 10 hari sudah selesai. Tapi kenyataannya saya harus datang lagi ke sini, sudah hampir dua bulan. Jangankan kartu KK, kartu penggantinya saja susah sekali prosesnya,” ucap Ria sambil mengelus perutnya yang membuncit.

Tak hanya Ria, warga lain juga ramai-ramai mendatangi Kantor Kecamatan Sagulung. Mereka datang menagih KK dan KTP yang sebelumnya sudah mereka urus. “Iya loh dari bulan Januari KK saya belum siap, belum ada kepastian juga,” kata Nurjannah.

Hinga siang pukul 14.00 WIB kemarin, warga masih terlihat mengerumuni jendela tempat pendaftaran KK dan e-KTP. “Saya disuruh datang minggu depan lagi,” kata Nurjannah sembari berlalu.

Camat Sagulung, Reza Khadafi mengatakan, terhitung sejak Januari 2017, berkas KK menumpuk di kecamatan sekitar 3.000 berkas. Dalam sehari, warga yang mengantarkan berkas KK maupun KTP hampir 30 sampai 40 berkas.

“Yang datang antar berkas banyak. Tapi proses pencetakannya sudah di Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) semua,” terang Reza.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil, Said Khaidar menampik jika keterlambatan proses pencetakan KK dikarenakan blanko KK kosong. “Blanko KK ready (siap) di Disduk. Mungkin harus menunggu dan bersabar dulu,” tukasnya. (cr19)

Respon Anda?

komentar